Spesifikasi Rantis yang Ditumpangi Jokowi-Prabowo saat Cek Pasukan Komcad

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 08 Okt 2021 10:46 WIB
Jakarta -

Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo tampil besama dalam upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun Anggaran 2021 di Batujajar, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Keduanya berdiri di atas kendaraan taktis saat mengecek pasukan Komcad TNI.

Jokowi memeriksa kesiapan pasukan dengan menumpangi rantis atap terbuka berpelat 'Indonesia 1' yang dikendarai anggota TNI perempuan. Jokowi dan Prabowo pun terlihat diajak berkeliling mengecek kesiapan pasukan Komcad.

Penasaran rantis apakah yang ditumpangi Jokowi dan Prabowo?

Rantis itu bernama Indonesian Light Strike Vehicle (ILSV)-Defile Vehicle. Ini merupakan salah satu rantis karya anak bangsa Indonesia yang difabrikasi di Bandung, kendaraan ini dibuat oleh PT. Jala Berikat Nusantara Perkasa (JBNP) dengan dukungan engineering dari PT Dirgantara Indonesia.

Untuk diketahui, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier tampil dalam acara HUT ke-76 TNI.

Disebutkan dalam laman J-Forces fungsi dari ILSV ini mampu melaksanakan misi penyerangan, pengintaian, komunikasi, patroli jarak jauh, dan bantuan kemanusiaan. Selain itu juga Rantis ILSV J-Force, dilapisi dengan plat baja pelindung yang dapat menahan serangan amunisi.

Di balik bonetnya, ILSV menggendong mesin 2.5 L turbo intercooler yang bisa memuntahkan tenaga 149 kW di 3.400 rpm dan torsi maksimal 400 Nm di 1.600 rpm. Tenaga tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 5-percepatan.

Secara dimensi ILSV memiliki panjang 5.305 mm, lebar 1960 (tanpa pijakan samping) 1.960 mm, tinggi 1.990 mm, dan ground clearance 280 mm. Rantis ini berkonfigurasi 2 + 6 personil.

Sekadar informasi JBNP beroperasi sejak tahun 2014, adalah sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam industri kendaraan taktis militer dan kepolisian, kendaraan khusus non-militer seperti untuk penanggulangan bencana dengan brand komersial "J - FORCES".

(riar/lth)