NASA Undang Pabrikan Otomotif Lahirkan Mobil Pengangkut Astronot Pengganti Astrovan

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 05 Okt 2021 21:12 WIB
Ilustrasi Astrovan
Ilustrasi Astrovan Foto: Pool (Autoblog)
Jakarta -

Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, tengah mencari kendaraan baru untuk mengangkut astronot yang bakal melakukan penerbangan ke luar bumi. Pabrikan otomotif dari seluruh dunia diundang untuk menciptakan kendaraan angkutan yang futuristis.

Kendaraan yang dibutuhkan NASA bukan untuk melakukan perjalanan di luar angkasa. Tapi untuk dipakai di Bumi.

Selama ini NASA memiliki kendaraan yang disebut sebagai Astrovan untuk mengangkut astronot dari Crew Quarters ke landasan peluncuran di Kennedy Space Center, yang berjarak sekitar 14 km.

Astrovan sendiri sudah menjadi kendaraan ikonik NASA, yang sudah mereka gunakan untuk mengangkut astronot ke pesawat luar angkasa sebelum peluncuran. Hanya saja, kendaraan tersebut sudah sangat tua karena terus menerus dipakai sejak 1984. Untuk itu NASA berharap para Astronaut bisa ditemani kendaraan baru untuk bisa menuju landasan peluncuran.

Nah untuk pabrikan otomotif yang tertarik, NASA menunggu proposal dari setiap pabrikan, untuk menceritakan bagaimana desain dan kelebihan apa saja yang ditawarkan untuk bisa menemani para astronaut ke landasan untuk bisa melaksanakan misi Artemis II.

Misi Artemis 2 dijadwalkan akan berangkat meninggalkan bumi pada 2023. Misi ini direncanakan melakukan penjelajahan melewati bulan melewati orbit bawah bumi, untuk kemudian kembali ke bumi.

"Proposal harus unik, merangkul teknologi baru, dan mewujudkan Artemis secara visual kepada publik. Kendaraan akan membutuhkan delapan kursi, termasuk empat awak yang sepenuhnya cocok. Melalui kemitraan ini, agensi akan melibatkan generasi Artemis dari perjalanan hingga pendaratan, sambil menginspirasi penjelajahan berikutnya," ujar juru bicara NASA.

Wah pabrikan mana yang bakal terpilih untuk menemani para astronaut nih?



Simak Video "NASA Bersiap Terbangkan 4 Astronaut ke Stasiun Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)