Kurang Laku, Toyota Yaris Setop Dijual di India

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 04 Okt 2021 20:10 WIB
Toyota Yaris India
Toyota India memutuskan menyudahi penjualan Yaris karena kurang laku (Toyota India)
Jakarta -

Kehadiran Toyota Yaris sangat populer di Eropa dan sejumlah negara lain, termasuk Indonesia. Namun tidak demikian di India, Toyota memutuskan untuk menghentikan penjualan Yaris karena sepi pembeli.

Dikutip dari Carscoops, Toyota resmi menghadirkan model Yaris di India sejak 2018. Pabrikan asal Jepang ini mengusung tipe Yaris dalam bentuk sedan, bukan sebuah hatchback.

Berbeda dari tipe yang hadir di sejumlah negara lainnya, di India Yaris masuk dalam golongan sedan dan lebih mirip sebagai Yaris Ativ atau Vios, yang dijual pada sebagian besar pasar otomotif Asia.

Sejak diluncurkan, Toyota hanya mampu menjual sebanyak 19.784 unit Yaris di India. Angka tersebut tidak cukup untuk menandingi beberapa merek lainnya seperti Honda City, Hyundai Verna, dan Maruti Suzuki Ciaz.

Faktor lain yang menyebabkan Yaris sepi pembeli di India karena pergeseran kebutuhan konsumen. Saat ini, konsumen di India lebih memilih model Sport Utility Vehicle (SUV) ketimbang membeli sedan.

Pengumuman setop penjualan Yaris disampaikan langsung oleh salah satu juru bicara Toyota. Disebutkan mulai 27 September Toyota telah menghentikan penjualan Yaris di Negeri Bollywood tersebut.

"Toyota Kirloskar Motor mengumumkan penghentian Yaris di India mulai 27 September 2021. Langkah ini adalah bagian dari strategi produk Toyota untuk terus memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang," kata juru bicara Toyota.

Walau sudah menghentikan penjualan, Toyota tetap menjamin para konsumen yang telah membeli produknya masih bisa mendapat suku cadang Yaris. Namun dengan catatan, suku cadang tersebut akan tersedia setidaknya selama 10 tahun ke depan saja.

Diprediksi, Toyota kemungkinan besar akan meluncurkan versi rebadge dari Maruti Suzuki Ciaz sebagai pengganti Yaris dalam beberapa waktu mendatang. Namun, sampai saat ini belum ada keterangan resmi mengenai hal tersebut.

Sedikit informasi, Toyota Yaris di India dibekali mesin bensin 1.5 L yang mengaliri tenaga ke roda depan lewat gearbox manual 5-percepatan atau CVT. Hadir juga sejumlah fitur keselamatan lengkap yang diusung pada Yaris.



Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)