Tak Hanya Avanza, Kabarnya Toyota Rombak Total Innova Tahun Depan

team DetikOto - detikOto
Sabtu, 02 Okt 2021 21:14 WIB
Jakarta -

Kabar Toyota akan memperkenalkan generasi terbaru Toyota Avanza sudah santer terdengar. Bahkan sumber detikOto menjelaskan Toyota Avanza terbaru akan mengusung turbo layaknya Raize. Tapi Toyota tak berhenti sampai di situ, dikabarkan Toyota juga akan melakukan perubahan besar-besaran pada Toyota Kijang Innova.

"Tahun depan baru Innova akan mengalami major change," ujar sumber kepada detikOto.

Sumber yang tak ingin disebut namanya ini memastikan perubahan Innova akan menjadi perubahan besar-besaran, dan belum pernah dilakukan Toyota.

"Desainnya akan berubah total, pokoknya major change," katanya.

Cukup disesalkan dirinya enggan membocorkan lebih lanjut mengenai perubahan apa lagi yang akan dilakukan Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek Toyota di Indonesia pada Toyota Innova.

Toyota New Kijang Innova dan New FortunerIlustrasi Toyota New Kijang Innova Foto: Dok. TAM

DetikOto coba menghubungi Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy untuk mengetahui kebenarannya, namun dirinya memilih untuk tidak berkomentar banyak mengenai kabar tersebut.

"Untuk produk baru, aku belum bisa komentar ya," jawab singkat Anton kepada detikOto.

Jika melihat sepak terjang Toyota Innova di Indonesia, mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) bongsor ini terbilang cukup panjang. Berdasarkan beberapa situs internet dijelaskan generasi pertama diperkenalkan pada tahun 2004. Perubahan kedua Toyota Innova dilakukan Toyota pada tahun 2007 dengan meng-upgrade beberapa komponen komponen mesin seperti katalitik conventer untuk memenuhi aturan emisi gas buang, dan untuk pilihan model E (Toyota Innova E 2007) sudah dilengkapi dengan blower air conditioner.

Baru pada 2008, TAM akhir memberikan penyegaran baru pada Toyota Innova dengan melakukan facelift. Dilanjutkan pada 2011, Toyota kembali melakukan facelift kedua pada Toyota Innova. Begitu juga pada tahun 2013, Toyota untuk ketiga kalinya melakukan facelift pada Innova dengan memberikan sentuhan desain baru pada bumper dan sentuhan desain garnish terbaru pada model E, G dan V.

Baru pada tahun 2015, Toyota memperkenalkan generasi kedua Toyota Innova dengan menawarkan platform terbaru dengan menawarkan mesin diesel terbaru, dan jika benar kabar Toyota akan memperkenalkan generasi terbaru, bisa dipastikan generasi ketiga Toyota Innova akan diperkenalkan pada tahun 2022.

(lth/din)