Lamborghini Hidupkan Kembali Countach LP500 1971 tapi Cuma Satu Unit

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 02 Okt 2021 12:25 WIB
Lamborghini hidupkan kembali Countach LP500.
Lamborghini Countach Foto: dok. Lamborghini
Jakarta -

Lamborghini membangun ulang supercar klasik dari model Countach LP500 yang pernah diproduksi dan populer pada 1971. Akan tetapi, para penggila mobil super Lamborghini bakal gregetan karena bisa dipastikan Lamborghini Countach hanya diproduksi satu unit saja.

Tahun ini, Lamborghini merayakan ulang tahun yang ke-50 untuk model Countach. Setelah beberapa waktu lalu produsen otomotif asal Italia ini meluncurkan kembali Countach LPI 800-4 dengan desain modern, kini Lamborghini membangun ulang tipe LP500 dengan tampilan klasik.

Dikutip dari Carscoops, Lamborghini bekerjasama dengan merek ban Pirelli untuk membuat ulang Countach LP500. Namun, mobil ini dibuat dalam bentuk prototipe dan hanya ada satu unit di seluruh dunia.

Supercar tersebut nyatanya juga tidak untuk dijual umum. Lamborghini sengaja membuat Countach LP500 yang dikhususkan untuk seorang kolektor mobil klasik.

Semua itu berawal dari seorang kolektor yang tidak disebutkan namanya, ingin sekali memiliki prototipe Countach LP500 produksi 1971. Sebagai informasi, prototipe mobil sport yang asli itu sudah dihancurkan pada tahun 1974 saat dilakukan pengujian kecelakaan.

Lamborghini hidupkan kembali Countach LP500.Lamborghini hidupkan kembali Countach LP500. Foto: dok. Lamborghini

Meski berbentuk replika, namun Lamborghini tetap memperhatikan detail mobil layaknya seperti yang asli. Bahkan sampai begitu telitinya, pembuatan Countach LP500 ini menghabiskan waktu selama 25.000 jam lebih lho!

Sudah tidak adanya model Countach LP500 saat ini membuat Lamborghini harus melakukan riset dan pengembangan lagi. Mulai dari mencari, memperoleh, menganalisis semua dokumen, foto, dan gambar asli mobil prototipe LP500.

Hal ini menyebabkan pembuatan prototipe Lamborghini Countach LP500 memakan waktu hingga berbulan-bulan. Perusahaan ingin memberikan sentuhan terbaiknya pada mobil prototipe yang bakal diberikan kepada seorang kolektor.

Pekerjaan cukup berat adalah dalam membuat bodi mobil. Walaupun sudah dibantu dengan sejumlah teknologi modern, namun para desainer tetap mempertahankan beberapa cara tradisional dalam memasang panel bodi dan mesin.

Mencari suku cadang untuk mesinnya juga tidak mudah. Karena LP500 merupakan produksi tahun 1970-an, Lamborghini berusaha mencari beberapa peranti termasuk mesin V12 yang dipasang pada bagian tengah.

Pada bagian ban, LP500 menggunakan ban yang dibuat ulang oleh Pirelli dengan ban depan berukuran 245/60R14 dan bagian belakang 265/60R14. Supercar tersebut dicat dengan warna Giallo Fly Speciale yang menyerupai warna aslinya.

Usai dibuat, prototipe LP500 akan dipamerkan terlebih dahulu pada acara Concorso d'Eleganza Villa d'Este, yang merupakan pameran mobil klasik ternama di Italia.



Simak Video "Lamborghini Countach Resmi Hidup Lagi, Mobil Impian Anak 90-an"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)