Jangan Kaget, Ganti Kampas Rem Lamborghini di Indonesia Harganya Setara Agya Bekas

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 01 Okt 2021 17:32 WIB
Lamborghini Aventador SVJ Green
Ilustrasi Lamborghini Aventador SVJ Green Foto: dok. Lamborghini
Jakarta -

Pengguna supercar tentu sudah siap merogoh kocek dalam untuk segala biaya yang harus dikeluarkan. Selain banderolnya yang fantastis dan pajak yang tinggi, ternyata untuk 'sekadar' mengganti kampas rem supercar Lamborghini, dana yang harus disiapkan setara dengan Toyota Agya bekas lansiran 2014 alias Rp 80 jutaan.

Salah satu bengkel spesialis supercar yang berlokasi di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan, mengatakan bahwa saat ini Lamborghini yang beredar di Indonesia rata-rata belum mengganti bagian kampas remnya. Selain karena pemakaiannya yang jarang atau tidak harian, kampas rem dari pabrikan Lamborghini juga menggunakan material yang sangat berkualitas.

"Kampas rem itu ga main-main harganya, Rp 40 jutaan. Itu juga cuma satu set, misalnya kampas rem depan kanan-kiri," papar Resha Ahadiat, pemilik serta direktur Supercar.id kepada detikOto.

Resha yang juga mantan Supervisor Mechanic di Lamborghini Dealer Jakarta, mengatakan bahwa rem cakram yang dipasangkan oleh Lamborghini di mobil-mobilnya terbuat dari bahan carbo ceramic yang sangat baik untuk pengereman dan juga dapat menjaga keawetan kampas rem dalam waktu yang cukup lama.

"Sampai sekarang aja, yang saya tahu Lamborghini dari 2012 belum ada yang ganti kampas rem. Karena kampas rem ini indikatornya bukan life time tapi pemakaian," papar Resha.

"Nah kenapa masa pakainya lama? Karena disc nya aja materialnya carbon ceramic dan kampasnya pun kualitasnya sangat baik. Jadi sampai saat ini, Lambo yang saya tahu sampai sekarang belum ada yang ganti kampas," lanjutnya.

Brembo Brake Pads LamborghiniIlustrasi kampas rem Brembo P65016N Brake pad NAO untuk Lamborghini Foto: dok. Brembo Parts

Dikarenakan belum ada Lamborghini di Indonesia yang mengganti kampas remnya, Resha mengatakan bahwa dirinya belum pernah menangani penggantian kampas rem buat 'banteng super' asal Italia ini. Namun kampas rem adalah bagian yang vital dari sebuah kendaraan dan wajib diganti jika sudah habis masa pakainya.

"Prediksi saya di tahun ke-10 mobil, akan ganti kampas rem. Lambo yang ada sekarang rata-rata (kampas remnya) sudah di 30-40 persen," papar Resha.

Menilik dari kanal salah satu penyedia spare part khusus supercar asal Inggris, Eurospares, harga sebuah kampas rem depan untuk Lamborghini Aventador LP700-4 dibanderol 968 poundsterling atau setara dengan Rp 18,6 jutaan. Harga tersebut tentu di luar biaya kirim, pajak, hingga biaya pemasangan.

Di bengkel Supercar.id yang dipimpin oleh Resha ini, mereka menaksir biaya penggantian kampas rem Lamborghini sekitar Rp 40 jutaan untuk satu set kampas. Berarti, jika mengganti kampas rem depan-belakang atau dua set, membutuhkan biaya sekitar Rp 80 jutaan. Biaya segitu, kurang-lebih sebanding dengan harga Toyota Agya bekas lansiran 2014.



Simak Video "Penyakit 'Langganan' Supercar di Indonesia, Perbaikinya Rp 110 Juta!"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)