Bocoran Harga All New BR-V, Lebih Murah dari Rush dan Xpander Cross?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 21 Sep 2021 19:10 WIB
Jakarta -

All New Honda BR-V resmi debut global di Indonesia, Selasa (21/9/2021). Kompetitor dari Daihatsu Terios, Toyota Rush hingga Mitsubishi Xpander Cross ini belum memiliki banderol resmi, tapi konsumen sudah bisa melakukan pemesanan.

PT Honda Prospect Motor (HPM) belum mengumumkan harga resmi dari All New Honda BR-V. Pun demikian apakah All New BR-V akan mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang berakhir pada Desember 2021.

"Mobil ini baru akan di kirim di Januari 2022, relaksasi PPnBM berdasarkan wholesales, PMK (Peraturan Menteri Keuangan) yang terakhir kami terima berlaku sampai Desember 2021, kita tidak tahu ke depan (Perpanjangan PPnBM, Red)," ungkap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy saat konferensi pers, Selasa (21/9/2021).

Sebab, generasi kedua dari mobil yang sudah dipasarkan di Indonesia sejak 2015 silam ini baru akan dikirim ke konsumen mulai Januari 2022. Kendati demikian, Billy membocorkan harga All New BR-V terendah dengan asumsi tidak mendapat diskon PPnBM.

"Berdasarkan kondisi saat ini, konsumen dapat melakukan pemesanan harga mulai dari Rp 260 juta (tipe terendah) dengan asumsi kondisi pajak normal (tidak dikenakan relaksasi PPnBM)," kata Billy.

Salah satu syarat produk mendapatkan relaksasi PPnBM ialah terkait local purchase atau kandungan dalam negeri. Billy menyebut sejatinya All New BR-V sudah memiliki tingkat local purchase sudah tembus di atas 80 persen.

"Untuk regulasi sekarang tidak termasuk di dalamnya, kalau itu diperpanjang lagi, tentunya BR-V ini lokal kontenya 86 persen. Local purchase yang disyaraktan PPnBM sudah lewat (memenuhi syarat)," sambung Billy.

All New Honda BR-VAll New Honda BR-V Foto: Honda Prospect Motor

Billy menambahkan bagi konsumen yang melakukan pemesanan sejak tahun 2021 tidak akan mengalami kenaikan harga di tahun 2022.

"Konsumen yang melakukan pemesanan sekarang (2021, Red), harganya itu pasti akan lebih rendah dibandingkan 2022," jelas Billy.

All New BR-V tersedia dalam 5 varian, di antaranya, S (M/T), E (CVT), E (M/T), Prestige CVT, dan Prestige with Honda Sensing (CVT). Low SUV 7-penempang ini hadir dengan 5 pilihan warna, Premium Opal White Pearl, yang merupakan warna baru, Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, dan Crystal Black Pearl.

Harga jual Honda BR-V generasi pertama saat ini berkisar antara dari Rp 239,5 juta hingga Rp 279,6 juta. Ini juga berkat bantuan relaksasi pemerintah yang membuat harganya turun.

Bila dibandingkan dengan kompetitor yang juga mendapat relaksasi PPnBM, harga BR-V lawas terbilang kompetitif. Misalnya Toyota Rush Rp 245,5 - Rp 266,2 juta, Daihatsu Terios Rp 205,1 - Rp 255,6 juta, Suzuki XL7 Rp 236,1 - Rp 272,7 juta, dan Mitsubishi Xpander Crpss Rp 276,5 - Rp 299,5 juta.

(riar/din)