Solusi Mobil Listrik Kehabisan Baterai, Ada Genset Berjalan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 20 Sep 2021 20:07 WIB
Mobile Charger untuk mobil listrik
Mobile charger untuk mobil listrik. Foto: Pool
Jakarta -

Masih banyak masyarakat yang was-was ketika mengemudi kendaraan listrik. Alasannya karena jarak tempuh yang terbatas dan belum tersebarnya fasilitas pengecasan kendaraan listrik. Namun, pabrikan otomotif yang menjual kendaraan listrik terus mencari solusi untuk mengatasi hal itu.

Salah satunya dilakukan oleh Zeekr, merek kendaraan listrik premium dari Geely. Mereka memiliki solusi untuk mengatasi permasalahan lokasi pengecasan mobil listrik yang terbatas. Zeekr membuat mobile charging station atau stasiun pengisian kendaraan listrik yang bisa berpindah-pindah. Ini adalah bagian dari banyak solusi untuk memberikan ketenangan pikiran pemilik kendaraan listrik saat di jalan.

Mobile charging station ini akan berfungsi sebagai alat darurat dalam hal pengisian ulang baterai kendaraan listrik. Rencananya, mobil yang bisa menjadi 'powerbank' ini akan diluncurkan akhir tahun ini.

Detail tentang stasiun pengisian kendaraan listrik mobile ini belum diungkapkan. Berdasarkan foto-foto yang dirilis, alat pengisian kendaraan listrik ini menggunakan basis mobil van yang dilengkapi dengan perangkat pengisi daya.

Mobile Charger untuk mobil listrikMobile Charger untuk mobil listrik Foto: Pool

Selain menyediakan layanan pengisian daya mobile kepada pelanggan, Zeekr Power (sub-merek Zeekr) juga akan menawarkan jaringan stasiun pengisian daya besar dengan berbagai fungsi. Setiap stasiun akan mendukung tingkat pengisian maksimum 360 kW dan memiliki berbagai layanan seperti tempat istirahat dan layanan parkir kendaraan.

Juga akan ada layanan berbasis aplikasi dari Zeekr Power. Dari perencanaan rute dan fungsi navigasi, aplikasi akan menawarkan informasi kepada pengguna seperti rute dengan jarak terpendek, kecepatan tertinggi, atau konsumsi energi terendah. Bahkan akan memiliki fitur peta pengisian daya yang akan merekomendasikan stasiun pengisian terdekat di sepanjang rute berdasarkan energi baterai yang tersisa.

Mobil yang menjadi 'genset' berjalan untuk mengisi ulang baterai mobil listrik ini diperkirakan tersedia di 30 kota di China pada akhir tahun ini. Zeekr juga akan memperluasnya menjadi 50 kota.



Simak Video "Wujud Mobil Listrik dari Opel: Imut-imut, Harganya Cuma Rp 108 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)