Murah Meriah! SUV Baru Wuling Asta Meluncur Rp 153 Jutaan

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 19 Sep 2021 18:55 WIB
Jakarta -

Wuling Asta resmi meluncur di pasar China. Perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling melepas mobil Sport Utility Vehicles (SUV) ini mulai dari RMB 69.800 atau setara dengan Rp 153 jutaan.

Mobil ini memiliki nama lain Xing Chen untuk pasar China. Dengan kapasitas 5-penumpang, Wuling Asta bakal bertarung di segmen crossover compact.

Wuling Asta memiliki desain modern dengan konsep "Dynamic Wing", terlihat dengan grille berbentuk trapesium serta lampu depan LED berbentuk bumerang.

Wuling Xing Chen, Adik Wuling AlmazWuling Xing Chen Foto: Dok. SGMW

Pilar A, B, dan C dibuat gelap, menciptakan tren gaya atap mengambang atau floating roof. Bagian belakang juga terlihat ramping.

Beralih ke interior, kabin Wuling Asta didominasi warna two-tone yang modern dan minimalis. Dasbor horizontal Wuling Xing Chen dikonfigurasikan dengan tiga tingkat--atas, tengah dan bawah.

Wuling Xing Chen, Adik Wuling AlmazWuling Xing Chen Foto: Dok. SGMW

Jika melihat atapnya, Wuling Asta dibekali panoramic sunroof ekstra besar berukuran 1.002 mm x 800 mm. Pada bagian hiburan tengah dibekali layar floating berukuran 10,25 inch sehingga membuatnya terkesan sebagai mobil nuansa teknologi tinggi.

Wuling Asta disebut-sebut merupakan SUV Crossover yang menawarkan kelapangan berkapasitas 5-penumpang. Mobil ini panjang 4.594 mm, lebar 1.820 mm, tinggi 1.740 milimeter dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Kursi belakang dapat dilipat rata untuk memaksimalkan kapasitas.

Sementara di balik bonetnya Wuling Asta dijejali mesin 1,5 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga 145 hp (108 kW / 147 PS) dan torsi 184 lb-ft (250 Nm). Tenaga tersebut dikawinkan dengan transmisi manual atau CVT. Di atas kertas, Wuling Asta bisa berlari dari titik nol hingga 100 km/jam dalam waktu 10,6 detik.

Wuling Xing Chen, Adik Wuling AlmazWuling Xing Chen Foto: Dok. SGMW

Dari segi keamanan, Wuling Asta dibekali 6 airbag. Kemudian untuk menunjang kenyamanan, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan filter udara PM2.5 dan negative ion generator untuk menghalau debu, virus, dan bakteri.

Wuling Asta tersedia dengan harga antara RMB 69.800 atau sekitar Rp 153 jutaan hingga RMB 99.800 setara Rp 220 jutaan.

Di sisi lain, Wuling Asta juga menggunakan logo berwarna silver sebagai lambang baru pabrikan asal China ini secara global. Logo tersebut diperkenalkan secara resmi di industri otomotif Indonesia tepat pada peluncuran SUV flagship Wuling, Almaz RS. Akankah Wuling Asta juga dipasarkan di Tanah Air?

(riar/lua)