Ford Rilis Fiesta Baru, Mesinnya Makin Canggih, tapi Tampangnya....

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 17 Sep 2021 14:23 WIB
Jakarta -

Pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Ford baru saja merilis salah satu city car paling laku yang mereka punya, yaitu Ford Fiesta. Fiesta model terbaru ini hadir dengan mesin yang kian canggih, namun desainnya semakin jauh dari Fiesta yang sempat masuk ke Indonesia.

Di pasar global city car Ford ini hadir dalam beberapa varian ada Trend, Titanium, ST-Line dan Active. Di model terbarunya, Ford menambahkan satu varian tertinggi yaitu Ford Fiesta Vignale.

Ford Fiesta 2022Ford Fiesta 2022 Foto: dok. Ford

Secara tampilan, Fiesta terbaru ini membawa bahasa desain baru. Setelah sebelumnya Fiesta hadir dengan aksen grille yang seperti jaring, kini Fiesta terbaru menggunakan grille bak sebuah pagar vertikal. Tapi grille dengan motif jaring-jaring honeycomb masih terdapat di tipe ST-Line.

Tidak hanya grille-nya yang kini baru, bentuk dari bonet Ford Fiesta ini pun berubah. Ford mengoreksi posisi bonet-nya dan dibuat lebih tinggi dari versi sebelumnya. Hal ini yang membuat grille Ford Fiesta baru ini melebar.

Lalu di depan juga, wujud lampu kabut digantikan dengan aksen desain yang disematkan sensor. Untuk lampu utamanya, Ford kini menyematkan lampu yang canggih dengan teknologi Matrix LED.

Layaknya tren dunia, di model terbarunya ini Ford tidak mau ketinggalan memberikan sentuhan SUV ke Fiesta terbaru. Fiesta kini tampak lebih berotot dengan banyaknya lekuk di sisi samping, dan tampak belakangnya pun semakin 'bantet'.

Ford Fiesta 2022Ford Fiesta Active 2022 Foto: dok. Ford

Apalagi untuk tipe yang Active, tampilannya jelas seperti sebuah mobil crossover. Ford menyematkan wheel arch moulding atau over fender berwarna hitam doff dan ada aksen roof rail kecil di bagian atapnya. Menurut kami, rasanya pecinta city car yang sudah jatuh cinta dengan wujud Ford Fiesta generasi terdahulu, akan sulit untuk suka dengan model Fiesta terbaru ini.

Nah! Untuk urusan mesin, Ford membekali mesin yang canggih dan bertenaga ke Fiesta terbaru ini. Pilihan mesin 1.000 cc dan 1.500 cc EcoBoost-nya, kini dikawinkan dengan motor listrik 48-volt mild Hybrid.

Mesinnya ini dikawinkan dengan dua buah pilihan transmisi, ada yang manual 6 percepatan dan juga Powershift automatic 7 percepatan. Keragaman pilihan mesin dan transmisinya ini, pun membuat besaran tenaga Ford Fiesta terbaru ini beragam dari ulai 100 PS hingga 200 PS untuk yang Ford Fiesta ST.

Ford Fiesta 2022Ford Fiesta ST 2022 Foto: dok. Ford

Dari rilis yang disebarkan oleh Ford, belum ada keterangan mengenai harga jual dari Ford Fiesta terbaru ini. Namun sebagai perbandingan, Ford Fiesta model sebelumnya dibanderol mulai dari 16.385 poundsterling atau setara dengan Rp 322 juta.

Perlu diketahui juga, di negara asalnya justru Ford sudah menghentikan produksi dari Fiesta ini. Ford Fiesta kini bergeriliya di pasar Eropa dan hadir sebagai mobil dengan harga yang paling terjangkau saat ini.

(mhg/din)