Selain Sport dan Eco Mode, Mobil Baru Biasanya Juga Punya Shipping Mode, Apa Itu?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Sabtu, 11 Sep 2021 13:27 WIB
Hyundai Shipping Mode
Ilustrasi shipping mode di mobil Hyundai Foto: Hyundai Technical Service Bulletin
Jakarta -

Driving mode atau mode berkendara dalam mobil kekinian, sejatinya hadir untuk menyesuaikan kondisi perjalanan sang pengemudi. Ternyata tidak hanya mode sport atau eco, mobil baru juga punya mode 'rahasia' yaitu shipping mode.

Seperti namanya, shipping mode ini tentu digunakan ketika mobil sedang dalam pengiriman. Fitur ini biasanya diaktifkan ketika mobil keluar dari pabrik dan hendak dikirim.

Tiap pabrikan punya nama yang berbeda-beda untuk fitur ini. Namun biasanya ketika fitur ini aktif, layar instrumen kluster hanya akan menampilkan kondisi baterai mobil dan cahayanya latarnya pun dibuat redup.

"Nah sepanjang perjalanan, shipping mode ini dinyalakan dengan tujuan supaya tidak semua fitur-fitur ini nyala. Jadi semacam power saving," papar Product Expert Hyundai Motor Indonesia, Bonar Pakpahan kepada detikOto.

"Bayangkan mobil nongkrong berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan kalau sebagai stok ya, sementara kan semua peralatan elektronik di mobil itu biar aktif dia akan selalu mengkonsumsi listrik. Jadi jangan sampai, pas saatnya mau dipindahkan, akinya soak," ujar Bonar menjelaskan fungsi shipping mode di Hyundai.

Berbeda dari mode sport atau eco yang bisa dengan mudah dipilih oleh pengendara, shipping mode ini terbatas dan tidak dapat dilakukan oleh secara mandiri.

"(untuk mengaktifkannya) Hanya bisa dari alat diagnosa atau diagnostic tools," ujar Bonar.

"Fitur ini hanya aktif pada saat mobil baru dirakit, tetapi belum di-PDI (pre delivery inspection). Jadi pada saat PDI ini, baru lah shipping mode ini dimatikan, berarti otomatis semua sistem berjalan normal," lanjut Bonar.

Menariknya dengan aktifnya fitur shipping mode ini, maka fungsi perhitungan odometer belum aktif. Sehingga ketika mobil dipindahkan, perhitungan jarak tempuh belum berjalan.

"Bukan berarti mobil tidak bisa dinyalakan. Dinyalakan, di-starter bisa, karena mobil kan harus dipindahkan dan dikendarai. Tapi odometer-nya itu belum running. Setelah shipping mode ini mati, baru odometer mulai berjalan," lanjut Bonar.



Simak Video "Avanza Jadi Mobil Terlaris di Agustus 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/mhg)