Biar Nggak Terseret Banjir, Mobil Diikat Tali ke Rumah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 09 Sep 2021 16:31 WIB
Badai Ida menyebabkan banjir bandang di Amerika Serikat. Selain merusak bangunan, banjir juga merendam kendaraan. Begini penampakannya.
Ilustrasi banjir. Foto: AP Photo
Jakarta -

Banjir bandang bisa menyebabkan kerusakan dalam waktu singkat. Bahkan, mobil-mobil bisa terseret akibat derasnya arus arus air.

Agar tidak hanyut terbawa arus banjir bandang, pemilik mobil Maruti Alto 800 di India memiliki solusi yang tak biasa. Dalam video yang viral di media sosial, pemilik Maruti Alto 800 mengikat mobilnya dengan tali di beberapa ujung mobil agar tidak hanyut terbawa banjir bandang.




Mobil tersebut diikat ke pilar-pilar di lantai atas rumahnya. Pemilik mobil itu mengikat mobilnya saat mobil masih sedikit terendam air. Ketika banjir bandang menyerbu, mobilnya aman karena air tidak bisa menghanyutkannya.

Soalnya, ketika sebuah mobil hanyut akibat banjir bandang, mobil itu akan rusak parah karena menabrak benda lain. Akhirnya, mobil yang terseret air banjir terkadang tidak dapat digunakan.

Cara pemilik Maruti Alto 800 mencegah mobilnya hanyut ini mungkin efektif. Tapi, mobil masih bisa menghadapi sedikit kerusakan karena sistem kelistrikan yang terendam air.

Air, terutama air banjir, memang perlu dihindari oleh kendaraan bermotor. Sebab, air bisa merusak komponen-komponen kendaraan. Mulai dari risiko mesin mengalami water hammer, kerusakan sistem kelistrikan, hingga karat yang menyerang kendaraan.

Jika kamu berada di mobil dan terjebak banjir, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Pertama, kalau masih berada di dalam mobil saat air banjir naik, keluarlah dari mobil.

Jika berada di tempat yang aman seperti rumah dan mendapati air banjir mulai naik, pindahkan mobil ke tempat yang lebih tinggi jika memungkinkan. Kalau tidak sempat memindahkan mobil ke tempat yang lebih tinggi, lepaskan terminal baterai. Ini akan meminimalkan kemungkinan korsleting aksesori listrik.

Jangan mencoba menghidupkan mobil setelah air banjir surut. Bawa mobil dengan di-towing menuju bengkel untuk segera diperbaiki sehingga tidak ada kerusakan yang berlebih.



Simak Video "2 Jam Diguyur Hujan, Polres Gorontalo Diterjang Banjir Bandang!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)