Jangan Salah, Ini Cara Pilih Ban SUV untuk Segala Jenis Medan

Angga Laraspati - detikOto
Sabtu, 11 Sep 2021 09:07 WIB
Bridgestone
Foto: Bridgestone
Jakarta -

Pencinta SUV pasti punya alasan sendiri dalam memilih kendaraan bongsor ini. Selain tampilannya yang lebih gagah, body besar dan performa mobil ini yang mampu melahap segala jenis medan.

Secara fungsional, mobil SUV juga lebih siap untuk melewati berbagai medan dengan ground clearance yang lebih tinggi dibanding mobil jenis lainnya. Dengan spesifikasi tersebut, bobot kendaraan juga otomatis akan menjadi lebih berat.

Tentunya, untuk menyangga beban berat tersebut ukuran dan tipe ban yang digunakan akan punya pengaruh yang besar, mengingat salah satu fungsi utama ban adalah penyangga beban. Deputy Head of Original Equipment (OE) Sales PT Bridgestone Tire Indonesia, Fisa Rizqiano mengatakan sebuah ban harus mampu membawa atau menyangga beban, baik ketika kendaraan itu berhenti atau bergerak.

"Para pengguna mobil SUV sebaiknya memperhatikan jenis ban yang digunakan dan menyesuaikannya dengan medan yang biasa dilewati guna mendapatkan performa maksimal dan sensasi berkendara yang nyaman dan aman," ucap Fisa dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/9/2021).

Pada umumnya, pola telapak untuk ban mobil penumpang atau passenger car dibagi atas pola standar, asimetrik, searah dan lainnya. Berbeda untuk jenis ban SUV jenis pola telapak dan spesifikasi ban dibagi atas medan atau permukaan jalan.

Bagi pengendara SUV di wilayah perkotaan yang lebih banyak melewati jalan tol atau jalan dengan konstruksi aspal sebaiknya memilih ban dengan pola telapak dengan label Highway Performance (H/P) atau Highway Terrain (H/T) ataupun Highway Luxury (H/L)

"Pola telapak ini memberikan respons dan traksi yang baik pada permukaan beraspal baik dalam kondisi basah maupun kering. Di sisi lain, pola telapak ini juga menghadirkan stabilitas dan penanganan atau handling yang unggul di jalan raya," ujar Fisa.

Namun, bagi pengendara yang bermobilitas di wilayah yang beragam dari jalan berkontur aspal hingga jalan bebatuan dan lumpur, pilihlah ban dengan label All Terrain (A/T). Ban dengan karakteristik A/T dirancang untuk kenyamanan dan kinerja yang seimbang mulai dari jalan aspal hingga ke medan off road.

Ban A/T memberikan sensasi berkendara yang relatif tenang dan nyaman pada konstruksi jalan aspal tetapi juga memiliki kemampuan off road yang baik karena memiliki konstruksi tread yang kuat.

"Meskipun didesain lebih agresif, telapak untuk ban A/T dapat dioptimalkan untuk mengurangi kebisingan jalan dan getaran saat digunakan," kata Fisa.

Lain cerita bagi yang bermobilitas di area yang permukaan jalannya didominasi oleh tanah, bebatuan bahkan lumpur. Tipe ban yang cocok adalah ban dengan label M/T atau Mud Terrain. Sesuai dengan medan yang dilalui, ban dengan tipe M/T dirancang dengan tampilan lebih berani dan agresif.

Pola telapak blok yang tegas dan searah mampu membuat ban 'membersihkan diri' dari lumpur yang menempel. Ban tipe M/T juga mampu memberikan stabilitas yang baik dan respon kemudi yang presisi saat melewati permukaan jalan yang sulit.

Tapi, hati-hatilah saat memilih ban M/T bagi kendaraan SUV dengan pemakaian yang lebih dominan di perkotaan. Pabrikan ban tidak menyarankan konstruksi ban M/T untuk digunakan di permukaan jalan aspal karena tingkat kebisingan relatif tinggi dan tidak cocok untuk digunakan pada kecepatan tinggi.

"Ban M/T tidak dirancang untuk penggunaan di wilayah perkotaan yang didominasi permukaan jalan aspal ataupun beton halus, jadi memang sebaiknya memilih ban yang tepat sesuai dengan mobilitas pengguna terjadi," ujar Fisa.

Untuk memilih ban-ban tersebut, para pengguna SUV dapat mengandalkan Bridgestone sebagai pilihan untuk ban SUV mereka. Bridgestone siap untuk menemani para pecinta mobil SUV ke manapun perjalanannya dengan lini produk yang lengkap.

Berbekal teknologi terkini, produk Bridgestone dirancang secara khusus untuk mendapatkan kenyamanan berkendara dan daya tahan yang tinggi demi keselamatan para penggunanya.

Bridgestone Dueler H/T 684 menyuguhkan pola telapak modern untuk stabilitas pengendalian yang sangat baik dan pengendaraan yang lebih tenang serta nyaman. Dan ban ini merupakan pilihan utama pabrikan mobil untuk SUV mereka.

Di sisi lain, Bridgestone juga menghadirkan Bridgestone Dueler A/T 697, ban dengan kemampuan melewati segala jenis permukaan jalan. Dirancang dan diuji untuk menahan kondisi jalan pedalaman yang keras dan tidak halus dan masa pakai pakai yang terbukti superior dan ketahanan yang lebih baik.

Bagi penggemar off road, Bridgestone menghadirkan Bridgestone Dueler M/T 674 yang dirancang untuk memenuhi tuntutan hardcore berkendara off road, bahkan melalui lumpur berat. Dengan menggabungkan teknologi 3D revolusioner menawarkan daya tahan dan kinerja off road yang superior, dan memberikan daya tarik serta kontrol yang maksimal.

Jadi pastikan untuk para pengendara SUV jangan sampai salah dalam memilih jenis ban untuk kendaraan kesayangan Anda ya!



Simak Video "Simak 5 Penyebab Ban Sering Kempis Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)