BMW Tambah Line Up Mobil Listrik, Hadirkan iX dan i4

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 08 Sep 2021 10:34 WIB
BMW i4
BMW i4. Foto: Dok. BMW Group Indonesia
Jakarta -

BMW resmi menghadirkan mobil listrik BMW iX dan BMW i4 di ajang Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) Mobility 2021, Munchen, Jerman. Hadirnya dua model tersebut diharapkan bisa membuat orang beralih dari kendaraan combustion engine ke electric vehicle (kendaraan listrik).

Seperti disampaikan Member of the Board of Management of BMW AG Customer, Brands, Sales, Pieter Nota, BMW i4 dan iX bisa menjadi opsi menarik bagi pelanggan BMW yang ingin pindah dari mesin konvensional ke mesin listrik.

"Kita akan melihat orang-orang beralih dari mesin pembakaran yang ada ke i4 dan iX (yang menggunakan listrik)," kata Nota, dalam diskusi secara virtual, Selasa (7/9/2021).

BMW i4BMW i4 Foto: Dok. BMW Group Indonesia

"Tentunya kami berharap konsumen bisa mengikuti arah kebijakan perusahaan (BMW) yang kini fokus pada EV (kendaraan listrik). Jadi BMW i4 dan iX juga kami harapkan bisa membuka pandangan beberapa konsumen BMW yang setia dengan mesin pembakaran dalam (ICE)," sambung Nota.

Sebagai informasi, BMW iX dan BMW i4 merupakan dua model inti dari rangkaian kendaraan listrik BMW yang dikenalkan ke publik untuk pertama kalinya pada ajang IAA Mobility 2021.

BMW iX memiliki konsep pengembangan yang luas, mulai dari arsitektur jaringan on-board, perangkat lunak baru, layanan digital, konektivitas, dan fungsi mengemudi otomatis. Mobil ini dilengkapi sistem operasi iDrive generasi terbaru, manajemen energi efisien, dan berbagai sistem bantuan pengemudi.

Varian model yang tersedia pada peluncuran di IAA Mobility 2021 ini akan ditenagai oleh dua motor listrik, satu motor listrik di roda depan dan satu lagi di roda belakang, bersama-sama menghasilkan tenaga 523 dk di BMW iX xDrive50 dan 326 hp di BMW iX xDrive40.

BMW iXBMW iX Foto: Dok. BMW Group Indonesia

Sementara BMW i4, menggabungkan kesenangan berkendara bebas emisi dalam gaya yang sangat sporty, dengan ruang yang luas dan kepraktisan Gran Coupe empat pintu. Mobil ini dibekali teknologi BMW eDrive generasi kelima, BMW iDrive baru dan banyak pilihan sistem bantuan pengemudi..

BMW i4 tersedia dalam dua varian model pada peluncurannya di IAA Mobility 2021, salah satunya adalah mobil BMW M pertama tanpa emisi CO2. BMW i4 M50 menggunakan motor listrik di roda depan dan belakang untuk menghasilkan tenaga 544 dk. Varian ini sesuai sebagai karya BMW M GmbH yang berfokus pada performa. Juga tersedia varian kedua, BMW i4 eDrive40 dengan tenaga 340 dk dan penggerak roda belakang

Versi full-listrik dari BMW Seri 5 dan BMW X1 akan menyusul pada tahun-tahun berikutnya. Hal yang sama berlaku untuk model BMW Seri 7 dan penerus MINI Countryman. Pada tahun 2023, BMW Group akan memiliki setidaknya satu model full listrik di jalan, atau sekitar 90% dari segmen pasarnya saat ini.

(lua/din)