MINI Pamer Mobil Konsep Radikal: MPV Lega yang Berpeluang Diproduksi

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 07 Sep 2021 19:48 WIB
MINI Urbanaut
MINI Urbanaut Foto: doc. MINI/BMW Group
Jakarta -

Persaingan mobil masa depan sudah di depan mata, kini giliran MINI yang memperlihatkan mobil konsep mereka yang disajikan dalam bentuk Multi Purpose Vehicle (MPV), bukan hatchback.

Dikutip dari autocar, pada ajang Munich Motor Show 2021 MINI kembali memperkenalkan mobil konsep mereka yang disapa Urbanaut. MINI pun merencanakan untuk bisa memasukkan mobil konsep Urbanaut masuk dalam jalur produksi.

Desainer MINI Oliver Heilmer mengatakan masih mencari cara untuk bisa benar-benar memproduksi mobil konsep yang telah mereka tampilkan. Salah satunya mobil konsep Urbanaut.

"Dengan pencapaian yang kami raih, BMW berpikir ada peluang untuk bisa memproduksi mobil konsep," ucap Oliver.

MINI UrbanautMINI Urbanaut Foto: doc. MINI/BMW Group

"Seperti yang bisa Anda bayangkan, ini adalah proses yang panjang. Ini adalah platform yang berbeda (dengan platform MINI saat ini), dan secara teknis ini merupakan tantangan baru," tambah Oliver.

Alasan BMW ngotot untuk memproduksi mobil konsep MINI ini tidak lain, untuk bisa memperluas dan mendatangkan konsumen baru bagi MINI. Salah satunya konsumen yang memiliki keluarga besar yang membutuhkan interior yang luas dan fleksibel namun memiliki ukuran compact.

Dijelaskan kalau Urbanaut dibangun dengan semangat dan jiwa yang dimiliki MINI versi original, yang pertama didesain dan dibangun oleh Alec Issigonis. Di mana mobil-mobil mini ketika itu sangat praktis dan efektif memanfaatkan ruang yang ada, dan hanya menyediakan fitur-fitur yang dibutuhkan pengendara.

Sebagai sebuah mobil konsep, Urbanaut punya desain yang bisa dikatakan sangat ekstreme terlebih jika dibandingkan dengan line up mini yang sudah pernah diproduksi hingga kini. Dijelaskan Heimler, Urbanaut memang punya platform yang berbeda dengan seri MINI yang lain.

Kabin yang sangat lapang menjadi keunggulan Urbanaut. Saking lebarnya, bahkan ada yang menyebut Urbanaut sebagai perkawinan antara mobil dengan ruang keluarga yang mewah.

Heilmer juga mengatakan kalau Urbanaut didesain dengan mengedepankan kesederhanaan, dan bebas dari fitur serta aksesoris yang tak diperlukan.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Yuk! Jajal MINI Cooper S Cabrio 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)