Mercy Rilis Concept EQG, G-Class Listrik yang Cocok buat Paspampres

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 06 Sep 2021 07:11 WIB
Mercedes-Benz Concept EQG
Wujud Mercedes-Benz Concept EQG yang baru dirilis oleh Mercy Foto: Daimler AG/Mercedes-Benz AG - Global Commun
Jakarta -

Mercedes Benz merilis mobil listrik konsep dari basis G-Class pada ajang IAA Mobility 2021 di Munich, Jerman, Minggu (5/9/21) kemarin.

Mercy G-Class memang terkenal sebagai mobil yang siap dipakai ke semua medan, desainnya klasik, dan sangat sentimental bagi Mercy. Bahkan, di Indonesia mobil ini dipercaya menjadi mobil Paspampres.

Mercedes-Benz Concept EQGWujud Mercedes-Benz Concept EQG Foto: Daimler AG/Mercedes-Benz AG - Global Commun

Namun siapa sangka, mobil yang sudah kuat dengan citra tangguh ini juga ikut dalam 'rombongan' lini Mercy yang akan dibuat menjadi full elektrik.

"Di mana pun kondisi pasar memungkinkan, Mercedes-Benz akan siap sepenuhnya menggunakan listrik pada akhir dekade ini," ujar Markus Schaefer, Anggota Dewan Manajemen Daimler AG dan COO Mercedes-Benz Cars melalui rilis resmi.

"Kami mempercepat transformasi ke masa depan tanpa emisi dan berbasis perangkat lunak. Kami ingin menginspirasi pelanggan kami untuk beralih ke mobilitas listrik dengan produk yang meyakinkan. Ikon seperti G-Class memenuhi tugas ini dengan sempurna," lanjut Markus.

Meski hadir sebagai sebuah mobil konsep, rasanya tekad Mercy sudah sangat kuat untuk menghadirkan Mercy G-Class full elektrik, atau yang mereka sebut dengan Concept EQG ini.

Mercedes-Benz Concept EQGMercedes-Benz Concept EQG hadir dengan desain khas Mercy G-Class Foto: Daimler AG/Mercedes-Benz AG - Global Commun

Secara desain, Concept EQG ini membawa bahasa desain Mercy G-Class yang kental. Siluet kotak yang khas Mercy G-Class masih dibawa oleh Mercy ke Concept EQG ini.

"Tampilan depan Concept EQG terlihat familiar, paling tidak karena lampu depan bulat yang khas. Alih-alih menggunakan gril radiator, seperti pada versi model bertenaga konvensional, varian all-electric ini memiliki grill radiator hitam pekat yang berkesinambungan," tulis Mercedes-Benz di rilis yang sama.

Tidak hanya dari segi tampilan, Concept EQG ini juga diklaim akan sama tangguhnya dengan Mercy G-Class. Mobil listrik Mercy ini, konon akan menggunakan transmisi yang punya karakter layaknya mobil 4x4 dan menggunakan empat motor listrik.

"Dengan empat motor listrik yang dekat dengan roda dan dapat dikontrol secara individual, kendaraan ini akan menawarkan karakteristik berkendara yang unik baik di dalam maupun di luar jalan," tulis Mercy

Mercedes-Benz Concept EQGMercedes-Benz Concept EQG diklaim akan menggunakan empat buah motor listrik dan transmisi 4x4 Foto: Daimler AG/Mercedes-Benz AG - Global Commun

"Seperti halnya 4x4, pengurangan off-road Concept EQG dapat diaktifkan melalui gearbox 2-kecepatan yang dapat digeser untuk memenuhi persyaratan off-road khusus "G" yang tinggi dengan percaya diri," tulis Mercy.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari Mercedes-Benz tentang spesifikasi baterai atau motor listrik yang akan digunakan di G-Class listrik ini.

Namun saat ini, tipe tertinggi dari G-Class adalah AMG G63. Mercy membekali mobil tersebut dengan mesin V8 yang diklaim punya tenaga sebesar 577 HP. Mercy mengatakan, Concept EQG ini juga akan menggunakan mesin yang berperforma layaknya G-Class konvesional.



Simak Video "Lihat Aksi Mercy G-Class Full Elektrik yang Senyap Tanpa Suara "
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)