4 Mobil Tesla Sudah Terdaftar di India, Siap Meluncur dalam Waktu Dekat

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 05 Sep 2021 15:21 WIB
CEO Tesla Elon Musk melanggar aturan lockdown dengan membuka kembali pabrik Tesla di Fremont, California, AS. Area parkir pabrik Tesla yang penuh dengan mobil baru.
4 mobil Tesla sudah terdaftar di India. Foto: AP Photo/Ben Margot
Jakarta -

Tesla siap membawa lini mobil listriknya ke India. Bahkan menurut sebuah laporan, Tesla sudah mendaftarkan empat model mobil listriknya. Tak sekadar menjual produk kendaraan ramah lingkungan, Tesla juga dikabarkan bakal membangun fasilitas produksi mobil listrik di India.

Seperti dikutip dari laman Motoroids, dalam waktu dekat Tesla siap meluncurkan produk mobil listrik di India. Beberapa model Tesla sudah terlihat dites di jalan raya. Dan baru-baru ini ada laporan Tesla melakukan homologasi empat model untuk pasar India.

Homologasi adalah proses sertifikasi kendaraan untuk kelayakan jalan di negara ini. Baru-baru ini, divisi Tesla di India menerima persetujuan homologasi untuk empat model. Meskipun modelnya belum ditentukan, kemungkinan besar adalah Model 3 dan Model Y, mengingat mereka telah menguji jalan dua model tersebut.

Sekadar informasi, Tesla Model 3 dan Model Y merupakan model entry-level dalam jajaran produk global Tesla, dengan harga yang kompetitif. Saat Tesla sudah mendapatkan popularitas di India, perusahaan milik Elon Musk ini bisa meluncurkan Model S dan Model X yang harganya lebih mahal.

Untuk memuluskan rencana Tesla berinvestasi di negeri bollywood, Pemerintah India juga dikabarkan bakal memberi sejumlah insentif atau subsidi untuk produsen mobil listrik asal AS (Amerika Serikat) tersebut.

Pada bulan Juli lalu Tesla meminta Pemerintah India untuk menurunkan bea masuk impor kendaraan listrik sebesar 40% agar harga mobil Tesla bisa lebih terjangkau dan meningkatkan penjualan.

Pemerintah India pun menyambut positif usulan itu. Apalagi Tesla memiliki rencana untuk membangun fasilitas perakitan di India, yang bisa berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi lokal.

(lua/riar)