Ini Vinfast, Mobnas Vietnam yang Siap 'Jajah' Pasar Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 31 Agu 2021 08:30 WIB
VinFast
Mobnas Vietnam, VinFast, siap menginvasi pasar Indonesia. Foto: VinFast
Jakarta -

Mobnas (mobil nasional) Vietnam, VinFast, siap menginvasi pasar otomotif Indonesia. Merek itu sudah terdaftar dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham Republik Indonesia. Seperti apa sejarah VinFast hingga bisa sampai ke Indonesia?

Dikutip dari Asia Nikkei, VinFast merupakan merek mobil yang dikembangkan oleh perusahaan real estate terbesar di Vietnam, Vingroup. Vingroup memiliki ambisi untuk memproduksi 500.000 kendaraan di Vietnam pada 2025. Vingroup mengumumkan hal tersebut pada 2017 lalu.

Untuk menjalankan rencana itu, VinFast mendapatkan pinjaman dana hingga US$ 800 juta dari Credit Suisse Group. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun fasilitas perakitan di kota Haiphong. Pabrik tersebut memproduksi mobil bensin dan listrik, yang akan dipasarkan di Vietnam dan luar negeri.

Pabrik Haiphong diharapkan mendapat manfaat dari pelabuhan internasional Lach Huyen. Dengan begitu, kapal-kapal bertonase besar bakal dapat singgah di pelabuhan mereka untuk kemudian dapat mengekspor mobil VinFast ke penjuru dunia, hingga Amerika Utara dan Eropa.

Oiya, kendati mengusung label mobil nasional, dalam penggarapannya, VinFast menggandeng banyak mitra yang ahli di bidang otomotif. Contohnya yakni ABB, Bosch, General Motors, Magna Steyr, Siemens, BMW untuk platform mobil, termasuk desainer Italdesign dan Pininfarina.

Pun saat awal-awal memproduksi mobil pada 2018, VinFast juga menggandeng rekanan General Motors (GM). Sesuai kesepakatan bersama, GM setuju pabriknya digunakan untuk produksi VinFast. Selain itu, VinFast dibolehkan menjadi distributor eksklusif mobil Chevrolet di Vietnam.

Produk-produk VinFast bakal diproduksi di bawah lisensi GM mulai tahun 2019. Dengan begitu, pabrik, jaringan dealer, hingga para pekerja yang bekerja untuk GM, bisa ikut terlibat mengerjakan proyek VinFast.

Sebagai informasi, VinFast fokus memproduksi mobil-mobil jenis city car, sedan, SUV, hingga kendaraan listrik. Meski masih berusia muda, VinFast cukup berani untuk mengekspansi produknya ke berbagai belahan dunia.

VinFast tercatat sudah mendirikan dealer, bahkan termasuk pusat riset dan pengembangan di Australia, termasuk membeli fasilitas pengujian dari Holden. Selain itu, VinFast juga memiliki ambisi untuk mengekspor kendaraannya ke Amerika Serikat dengan nilai investasi yang besar.

Diberitakan sebelumnya, VinFast berencana memasuki pasar kendaraan bermotor Indonesia. Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI, tercantum dua model mobil yang didaftarkan yakni sedan, dan Sport Utility Vehicles (SUV).

(lua/din)