Mobnas Vietnam VinFast Terdaftar di Indonesia, Ini Modelnya

Tim detikcom - detikOto
Senin, 30 Agu 2021 18:44 WIB
Fokus mobil Vietnam
Mobil nasional Vietnam Foto: Luthfy Syahban
Jakarta -

VinFast, mobil nasional Vietnam sudah terdaftar dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham Republik Indonesia. Terdapat beberapa model yang didaftarkan, dua di antaranya bahkan sudah dipamerkan secara global sejak tahun 2018.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI tercantum dua model mobil yang didaftarkan yakni sedan, dan Sport Utility Vehicles (SUV).

Dalam data yang tercantum pada nomor permohonan A00201800771 tertulis pemegang mereknya ialah VinFast Trading And Production Limited Liability Company. Sedangkan tanggal dimulainya perlindungan sejak 20 September 2018 hingga 20 September 2028.

VinFast SA 2.0 Diduga sudah didaftarkan di IndonesiaVinFast SA 2.0 Diduga sudah didaftarkan di Indonesia Foto: DJKI

Terlihat mobil yang didaftarkan bentuknya seperti mobil SUV. Sedangkan desainernya bernama Filippo Perini.

Dilihat dari lekukan bodinya mobil tersebut mirip dengan VinFast Lux SA 2.0. Sebuah mobil SUV mewah yang sudah diperkenalkan sejak Paris Auto Show 2019 lalu. Sepeti diketahui VinFast Lux SA 2.0 menggunakan basis dari BMW X5.

VinFast, mobil nasional pertama VietnamVinFast SA 2.0 Foto: Carscoops

Lanjut pada nomor permohonan A00201800772 yang sudah didaftarkan terdapat model sedan. Dari buritannya mencirikan model sedan mewah VinFast Lux A 2.0. Mobil ini diketahui menggunakan basis dari BMW 5 Series.

Vinfast SA Lux 2.0Vinfast Lux A 2.0 Foto: DJKI

Kedua mobil ini dibekali mesin BMW, dengan kode N20. Mesin berkapasitas 2.000 cc 4 silinder ini bisa memuntahkan tenaga 174 dk (SUV) dan 228 dk (Sedan).

Kalau dilihat dari sisi eksterior lampiran gambar, juga mirip dengan kedua mobil tersebut. VinFast sedan dan SUV memiliki desain fascia yang hampir mirip, dengan model lampu LED DRL sipit dan posisi lampu utama yang lebih rendah.

Vietnam memamerkan mobil nasional pertamanya di Paris Motor Show 2018. Mobnas pertama Vietnam itu bernama VinFast LUX A2.0 sedan dan VinFast LUX SA2.0 SUV.Vinfast Lux A 2.0 Foto: Istimewa/Carscoops

Yang menarik, bagian chrome list di bumper, dibuat memanjang hingga terlihat sampai ke dalam lampu LED DRL. Garis chrome ini kemudian membentuk huruf 'V' di tengah.

Selain itu, VinFast juga mulai mendaftarkan mobil listrik. Hal ini terlihat dari nomor permohonan A00202002969.

VinFast e35VinFast terdaftar di pangkalan data kekayaan intelektual Kemenkumham RI Foto: DJKI

Terdapat tiga nama desainer dalam mobil tersebut di antaranya Dimitri Vicedomini, Giovanni Guglielmo Cartia, dan Nazzareno Epifani. Seperti diketahui Guglielmo Giovanni Cartia merupakan direktur desain global Pininfarina. Dia bertanggung jawab atas desain untuk unit mitra Pininfarina dan VinFast salah satunya.

Jika dilihat dari buritannya, mobil tersebut mirip dengan desain dari VinFast e35. Mobil listrik ini dijadwalkan akan debut pada September 2021 di Vietnam.

Mungkinkah mobnas Vietnam ini turut meramaikan industri otomotif Tanah Air?



Simak Video "Cek Harga Mobil Mewah Bekas"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)