Baru Dua Tahun, Mobnas Vietnam Vinfast Dapat Penghargaan Bergengsi di ASEAN

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 18 Feb 2021 19:03 WIB
Fokus mobil Vietnam
VinFast, mobil nasional Vietnam Foto: Luthfy Syahban
Jakarta -

VinFast jadi produsen mobil lokal pertama Vietnam yang mengaspal sejak dua tahun lalu. Baru-baru ini, VinFast diganjar penghargaan oleh Southeast Asia New Vehicle Assessment Program (ASEAN NCAP) -- lembaga yang bertugas untuk menguji kelaikan mobil baru yang dipasarkan di Asia Tenggara.

Dikutip Zinc, Kamis (18/2/2021) VinFast mendapat penghargaan sebagai pabrikan baru yang berkomitmen terhadap keselamatan untuk periode tahun 2020.

Beberapa mobil VinFast yang diuji ASEAN NCAP mendapat skor tinggi, mulai dari sedan LUX A 2.0 (mobil berbasis BMW seri 5 F10) dan LUX SA 2.0 (mobil berbasis BMW X5) yang memperoleh sertifikasi keselamatan bintang 5, dan Fadil yang memperoleh keselamatan bintang 4.

Selain itu, VinFast juga disebut menjanjikan keselamatan bintang tinggi untuk berbagai mobil listrik barunya yang bakal dirilis dalam dua tahun ke depan.

Ya, seperti diketahui VinFast secara resmi sudah mengumumkan strateginya menjadi perusahaan mobil listrik pintar global dan memperkenalkan 3 mobil SUV, yakni yakni VF31, VF32, dan VF33 dengan teknoli otonom atau berkendara tanpa sopir hingga level 4.

"Dengan visi menjadi perusahaan mobil listrik pintar global, VinFast telah melakukan investasi besar, serius, dan berjangka panjang dalam penelitian dan pengembangan," ujar Kevin Yardley, Wakil Direktur Umum yang bertanggung jawab atas Riset dan Pengembangan VinFast.

Siapa sosok di balik Mobnas VinFast?

Mobil ini dikembangkan oleh perusahaan konglomerasi real estate terbesar Vietnam, Vingroup Joint Stock Company (Vingroup JSC VIC.HM).

VinFast membangun mobil mereknya sendiri, bermitra dengan merek otomotif terkemuka yang ikutan bergabung untuk menggarap mobil nasional pertama Vietnam ini, mulai dari Opel, BMW, Magna Steyr, hingga rumah desain Pininfarina turut berpartisipasi.



Simak Video "Melihat Kemewahan Mobnas Vietnam, Mirip BMW?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)