Krisis Chip Pengaruhi Jeep di Indonesia, Pengiriman Mobil Tertunda

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 24 Agu 2021 11:53 WIB
Jeep Wrangler Rubicon
Krisis chip bikin pengiriman mobil Jeep tertunda. Foto: dok. Jeep
Jakarta -

Industri otomotif global masih dilanda krisis chip semikonduktor. Kelangkaan semikonduktor ini membuat pengiriman mobil tertunda, hal itu juga berimbas kepada mobil Jeep di Indonesia.

Pengiriman mobil Jeep model 2021 ke Indonesia tertunda selama empat bulan. Kini, beberapa mobil Jeep pertama model 2021 yang dipesan konsumen di Indonesia sudah mendarat di Tanah Air. Pengiriman pertama ini berjumlah hanya sekitar 40% dari total unit yang seharusnya dikirim dari manufaktur Jeep di Amerika.

Menurut Chief Operating Officer DAS Indonesia Motor, Dhani Yahya, kekurangan unit alokasi ini disebabkan oleh kurangnya pasokan komponen chip ke manufaktur Jeep yang mengakibatkan berkurangnya hasil produksi untuk dikirim ke seluruh dunia. Pengiriman mobil ke Indonesia juga terhambat karena kondisi Covid-19 yang memaksa beberapa pelabuhan tidak beroperasi secara maksimal.

"Sudah sejak awal tahun ini Stellantis (prinsipal Jeep) menginformasikan adanya kekurangan dalam suplai chip semikonduktor yang digunakan untuk fitur elektronik dari roda kemudi ke sistem infotainment. Namun mereka terus bekerja sama dengan para pemasok untuk mengurangi dampak yang lebih jauh karena terganggunya rantai pasokan dalam perakitan manufaktur kendaraan ini," kata Dhani.

Mobil Jeep Model 2021 Mendarat di IndonesiaMobil Jeep Model 2021 Mendarat di Indonesia Foto: Dok. DAS Indonesia Motor

"Oleh karena itu kami memohon maaf jika total kuota ketersediaan unit yang ada di Indonesia belum dapat terpenuhi sepenuhnya dan hal ini diprediksi akan berlanjut sampai dengan akhir tahun 2021," tambahnya.

Dhani berharap pelanggan yang sudah memesan Jeep setia menunggu kedatangan unit mobil Jeep. Dia menjanjikan bisa mendistribusikan Jeep terbaru sesegera mungkin.

Sementara itu, Dhani memastikan pihaknya akan meluncurkan mobil Jeep terbaru. Rencananya, DAS Indonesia Motor bakal membawa Jeep Compass dan Jeep Grand Cherokee terbaru.

"Sejak DAS Indonesia Motor memegang lisensi dan distribusi Jeep di Indonesia pada akhir tahun 2020 kemarin, dengan strategi yang diterapkan, kita melihat trend pertumbuhan bisnis yang positif. Karena itu, selain tipe Jeep Wrangler dan Jeep Gladiator yang sudah hadir di pasar Indonesia, DAS Indonesia Motor berencana untuk menghadirkan Jeep Compass facelift 1.4L dan All New Jeep Grand Cherokee yang diharapkan dapat memperkuat kembali kebutuhan pasar di Indonesia akan mobil SUV yang sesungguhnya dan meningkatkan pertumbuhan brand Jeep di Indonesia secara signifikan," kata Dhani.



Simak Video "Jeep Putih Jadul Milik Nike Ardilla, 40 Tahun Masih Utuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)