GR Yaris Laris Manis Diserbu Konsumen Indonesia, Toyota Bakal Impor Lagi?

ADVERTISEMENT

GR Yaris Laris Manis Diserbu Konsumen Indonesia, Toyota Bakal Impor Lagi?

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 20 Agu 2021 07:08 WIB
Toyota GR Yaris
Toyota GR Yaris laris manis diserbu konsumen Indonesia. Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)
Jakarta -

Toyota GR Yaris resmi dijual di Indonesia. Meski harga mobil hatchback ini tidak murah, ternyata sambutan konsumen Indonesia sangat luar biasa. Bahkan angka SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) GR Yaris, lima kali lipat lebih banyak dari kuota yang tersedia. Apakah Toyota akan menambah kuota impor GR Yaris lagi?

Dijelaskan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, kecil kemungkinan Toyota Indonesia mengimpor GR Yaris lagi. Sebab mobil tersebut merupakan produk global yang diimpor ke banyak negara dengan kuota yang sudah ditetapkan.

"Dari produksi yang ada kita dapatnya memang segitu ya. Jadi kita belum ada kabar lagi bahwa produksi mobil ini akan ditambah lagi, karena sebelumnya sudah diinformasikan bahwa secara produksi setahun adalah 25 ribu unit, dan tidak ada tambahan lagi untuk produksi ke depannya. Jadi kami belum ada rencana lagi untuk mendatangkan (GR Yaris) ke Indonesia," ungkap Anton, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (19/8/2021).

Sebagai informasi, jumlah SPK GR Yaris di Indonesia saat ini sudah menyentuh angka 600 pemesan. Padahal kuota impor GR Yaris hanya sekitar 126 unit. Mengingat permintaan tidak sebanding dengan suplai, Toyota pun akan memberlakukan sistem undian untuk memilih para calon pembeli GR Yaris.

Anton mengatakan bahwa distribusi GR Yaris akan mulai dilakukan pada November 2021. "Karena sekarang kita masih urus proses untuk perizinan. Jadi harapan kita bisa segera selesai bulan ini untuk uji tipenya, kita juga perlu buat TPT impornya, kemudian baru bisa kita impor dan kita delivery (kirim) ke konsumen," katanya lagi.

GR Yaris versi Indonesia dijual dalam dua pilihan warna, Emotional Red 2 dan Platinum White Pearl MC. Harga GR Yaris tidak dicantumkan di website resmi Toyota Indonesia. Namun dijelaskan Anton, harga GR Yaris ada di kisaran Rp 850 juta.

Toyota GR Yaris untuk pasar domestik ditenagai mesin 1.6L 3-Silinder dengan Turbocharger. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 261 PS pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 360 Nm pada 3.000-4.600 rpm.

Tenaga mesin itu disalurkan ke penggerak 4 roda (4WD) yang dikombinasi transmisi manual 6-percepatan dengan Intelligent Manual Transmission (iMT). Ada juga fitur Limited Slip Differential (LSD) untuk memberikan performa traksi dan handling terbaik.

Toyota GR Yaris dibekali tiga mode berkendara: mode Normal untuk akselerasi yang lebih baik, mode Sport untuk kelincahan yang lebih baik, dan mode Track untuk berkendara cepat secara keseluruhan.

(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT