ADVERTISEMENT

City Hatch Art, Cara Honda Mengapresiasi Desainer Otomotif Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 18 Agu 2021 19:37 WIB
Honda City Hatchback RS
Ilustrasi New Honda City Hatchback Foto: Dok. HPM
Jakarta -

PT Honda prospect Motor (HPM) sebagai Agen Pemegang Merek Honda mobil di Indonesia menggelar lomba desain visual bertema City Hatch Art. Membuka jalan para desainer otomotif untuk mengaplikasikan karyanya pada Honda City Hatchback RS, sudah terpilih tiga orang pemenang.

Lomba desain virtual ini digelar 25 Juni-30 Juli 2021. Tercatat 428 karya desainer terbaik Indonesia terkumpul dan dari jumlah tersebut terpilih 3 peserta dengan desain terbaik.

"Kami berupaya untuk menggelar ajang yang inovatif di era digital, sejak Juli 2021 kami menantang para desainer untuk mendesain dengan menggunakan 1 produk kami, Honda City Hatchback RS," kata Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy dalam konferensi Pers Virtual 'City Hatch Art, Rabu (18/8/2021).

Tampil sebagai pemenang pada kompetisi ini adalah Ferdiansyah. Dia menjadi juara karena desainnya dinilai paling sesuai dengan tema yang ditentukan dan memenuhi peraturan yang ditetapkan. Desaib milik Ferdiansyah juga dianggap memiliki keunikan yang membuatnya benar-benar cocok diimplementasikan pada mobil City Hatchback RS.

Dengan mengedepankan konsep "Light the Future", Ferdiansyah menampilkan warna-warna segar yang menggambarkan semangat di masa depan. Sebagai juara pertama, ia pun berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp15.000.000.

Pemenang desain visual Lomba Honda City HatchbackPemenang desain visual Lomba Honda City Hatchback Foto: dok. Honda Prospect Motor

Sementara, untuk juara kedua, diraih oleh Deden Desma Hikmawan yang akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp10.000.000. Karyanya yang mengikuti trend kaum milenial saat ini terlihat sangat penuh dengan warna. Pada bagian depan terdapat gambar sayap kupu-kupu yang terlihat menyatu dengan headlamp mobil hingga membentuk seperti alis mata.

Pada bagian samping mobil, Deden menggambarkan aktifitas anak muda seperti bermain skateboard. Desain graffiti dengan motif bunga warna-warni serta gambar gedung-gedung ikonik Jakarta juga memeriahkan desain karya Deden ini. Ia pun mengakui bahwa 99% desainnya adalah vector, sehingga ia menggambar sendiri semua elemen yang ia ambil dari foto asli ataupun sedikit memodifikasi gambar yang ada.

Pemenang desain visual Lomba Honda City HatchbackPemenang desain visual Lomba Honda City Hatchback Foto: dok. Honda Prospect Motor

Selanjutnya, karya dari Muhammad Irfan Intama berhasil menjadi juara ketiga dalam kompetisi ini. Dengan desain yang simpel, desain dari Muhammad Irfan dinilai memiliki ciri khas tersendiri dan dapat menjadi warna baru saat melakukan kolaborasi bersama dengan para juri nantinya.

Muhammad Irfan menyebut desainya bertema 'City Futurism' dengan style geometric abstract. Desainnya yang futuristik, stylish serta modern sangat cocok untuk diaplikasikan pada mobil Honda City Hatchback RS. Sebagai pemenang ketiga, ia akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 5.000.000.

Pemenang desain visual Lomba Honda City HatchbackPemenang desain visual Lomba Honda City Hatchback Foto: dok. Honda Prospect Motor

Kompetisi desain visual ini membuka peluang desainer Indonesia untuk bisa bekerja sebagai desainer Honda.

"Bisa tidak pemenang kompetisi desain virtual Honda menjadi desainer Honda? Ini satu masukan yang bagus, karena semua acara Honda di Indonesia semuanya kami report atau kami laporkan ke prinsipal kami. Saya tidak bisa menjamin apakah bisa menjadi desainer Honda ke depan, tapi ini menarik bisa saja kami mem-follow-up ke prinsipal kami (agar bisa memberi kesempatan desainer muda Indonesia untuk menjadi desainer Honda mobil)," Yusak Billy menambahkan.

"Kami menyampaikan selamat kepada para pemenang serta seluruh peserta yang telah antusias mengikuti ajang desain virtual ini. Kami sangat senang dapat mengadakan kompetisi yang dapat menjadi wadah bagi para anak muda untuk dapat tetap kreatif dan produktif dalam mengekspresikan diri mereka secara positif dari rumah masing-masing. Semoga dengan adanya kompetisi ini, lebih banyak lagi desainer Indonesia yang dapat menyalurkan bakatnya bersama dengan Honda City Hatchback RS," ucap Yusak Billy.

"Setiap pemenang yang terpilih tersebut memiliki ciri khas yang berbeda di antara peserta yang lainnya, semuanya terlihat memenuhi persyaratan daripada poin-poin penting yang ditetapkan berdasarkan tema yang ditentukan. Ketiga peserta ini terpilih karena mereka berani berpikir outside of the box artinya mereka menaruh objek-objek yang tidak umum dan itu menjadi sesuatu yang baru, mereka berhasil membuat warna baru bagi industri modifikasi otomotif," penilaian salah satu juri, Co-Founder NeverTooLavish, Bernhard Suryaningrat.

Selain mendapatkan hadiah, karya juara satu pemenang kompetisi desain New Honda City Hatchback RS akan diaplikasikan langsung dan akan menjadi mobil display Honda.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Kei Car Mau Masuk Indonesia? Ini Tantangannya"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT