Harga Nissan Leaf Rp 600-an Juta, Ini Perbandingannya dengan Mobil Listrik Lain di RI

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 18 Agu 2021 16:26 WIB
Konvoi kendaraan listrik dari Jakarta menuju Serpong
Ilustrasi Nissan Leaf Foto: Nissan Motor Indonesia
Jakarta -

Nissan Leaf resmi dijual dengan harga Rp 600-an juta di Indonesia. Mobil listrik pabrikan Jepang ini bakal menjadi opsi baru dalam pasar otomotif di Tanah Air. Bagaimana bila dibandingkan dengan merek lain yang sudah meluncur lebih dulu di Indonesia, apakah harganya kompetitif?

PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) resmi memasarkan harga promo mobil listrik Nissan Leaf Rp 649 juta untuk single tone, dan Rp 651 juta warna dual tone. Well, harga ini cukup kompetitif jika melirik model mobil listrik di Indonesia.

Lawan terdekat Nissan Leaf ialah merek asal Korea, Hyundai Ioniq. Mobil listrik itu dijual dalam dua varian, yakni Prime Rp 637 juta dan Signature Rp 677 juta.

Secara dimensi ukurannya beda-beda tipis, Hyundai Ioniq memiliki panjang 4.470 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.475 mm. Sedangkan Nissan Leaf memiliki panjang 4.490 mm. lebar 1.788 mm, dan tinggi 1.540 mm.

Kedua mobil ini sebenarnya merupakan mobil compact dengan kapasitas 5-penumpang. Tapi jika melihat buritan belakang, Ioniq merupakan mobil dengan tipe liftback dengan sedikit memiliki buntut pada bagian belakang, sedangkan Leaf lebih kepada Hatchback.

Selain Ioniq, apa lagi mobil listrik yang ditawarkan di Indonesia?

Meski berbeda genre dengan Nissan Leaf, mobil listrik lain yang dijual di Indonesia ialah Hyundai Kona Electric. Ini merupakan mobil listrik dengan gaya SUV, tren yang kini tengah digemari di dunia. Hyundai Kona Electric dijual Rp 697 juta.

Sebenarnya ada juga lho mobil listrik di bawah Rp 500 juta yang dijual di Indonesia sekarang. Tapi kapasitas penumpangnya hanya dua orang, mobil tersebut ialah Renault Twizy.

Ya, mobil listrik yang paling murah saat ini adalah Renault Twizy. Mobil listrik yang dijual terbatas hanya 30 unit untuk seluruh Indonesia itu dijual Rp 400 jutaan.

Untuk mobil listrik harga di bawah Rp 600 juta? ada, plus bisa mengangkut penumpang lebih banyak. Apalagi mobil ini ditawarkan juga untuk komersial ringan. Mobil listrik itu DFSK Gelora E-BV dan E-MV.

Keunggulan mobil listrik tentu saja biaya operasional mobil listrik jauh lebih irit dibandingkan mobil berbahan bakar bensin. Sebagai contoh Tesla Model 3 diklaim cuma membutuhkan biaya pengisian daya Rp 70 ribu dari kosong hingga penuh. Sedangkan menurut keterangan Nissan Representatif Direktur Bagus Susanto jika membawa Nissan Leaf hingga menempuh jarak 100 kilometer tak sampai mengeluarkan Rp 20 ribu.

Oke operasionalnya murah, tapi harga mobil Tesla masih di atas Rp 1 miliar untuk pasar Indonesia. Begitu pun dengan mobil brand mewah seperti Lexus, dan BMW turut memasarkan mobil listriknya dengan harga miliaran rupiah di Indonesia.

Tertarik memilikinya? berikut harga mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia:

Harga Mobil Listrik Renault

- Renault Twizy: Rp 408 juta

Harga Mobil Listrik DFSK

- DFSK Gelora E-BV: Rp 480 juta
- DFSK Gelora E-MB: Rp 510 juta

Harga Mobil Listrik Hyundai

- Hyundai Ioniq Electric Signature AT: Rp 677 juta
- Hyundai Ioniq Electric Prime AT: Rp 637 juta
- Hyundai Kona Electric: Signature AT Rp 697 juta

Harga Mobil Listrik Nissan

- Nissan Leaf: Rp 649 juta (single tone)
- Nissan Leaf: Rp 651 juta (dual tone)

Harga Mobil Listrik Lexus

- Lexus UX300e: estimasi harga Rp 1,245 miliar

Harga Mobil Listrik BMW

- BMW i3s: Rp 1,350 miliar

Harga Tesla

- Tesla Model 3: Rp 1,5 miliar
- Tesla Model X Long Range: Rp 3 miliar
- Tesla Model X Plaid: Rp 4,4 miliar
- Tesla Model S Long Range: Rp 3 miliar
- Tesla Model S Plaid: Rp 4 miliar
- Tesla Model S Plaid+: Rp 4,4 miliar

*harga Tesla di atas belum termasuk opsi tambahan.

Simak video 'Wajah Nissan Leaf, Mobil Listrik Baru Seharga Rp 600 Jutaan':

[Gambas:Video 20detik]



(riar/din)