Penjualan Mitsubishi Indonesia Terbanyak di Dunia Berkat Xpander

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 16 Agu 2021 18:47 WIB
Mitsubishi Xpander Black Edition
Berkat Mitsubishi Xpander, penjualan Mitsubishi di Indonesia terbanyak di dunia. Foto: Dok. MMKSI
Jakarta -

Penjualan mobil di Indonesia menjadi penyumbang terbesar Mitsubishi di dunia. Berkat Mitsubishi Xpander, penjualan Mitsubishi Indonesia tercatat paling banyak dibandingkan di negara lain.

Pada kuartal pertama tahun fiskal 2021 (April-Juni 2021), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyumbang penjualan sebanyak 26.397 unit. Angka itu sekaligus mencatatkan penjualan mobil Mitsubishi Motors di Indonesia sebagai penyumbang terbesar penjualan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) secara global. Mitsubishi Indonesia menyumbang penjualan sebesar 11,5% dari penjualan MMC secara global.

Penjualan Mitsubishi Motors di Indonesia didominasi oleh Mitsubishi Xpander. Penjualan Xpander, termasuk Xpander Cross, menyumbang 49% penjualan Mitsubishi di Indonesia.

Penjualan Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) di Indonesia menempati posisi pertama secara global untuk model tersebut. Setidaknya 54% Mitsubishi Xpander yang terjual secara global ada di Indonesia.

Sementara itu, pada Juli 2021 MMKSI menjual 9.122 unit mobil baru, naik 4,8% dibanding Juni 2021. Mitsubishi Xpander (termasuk varian Xpander Cross) mendominasi penjualan MMKSI pada Juli 2021 dengan menyumbang lebih dari 50% dari total penjualan mobil Mitsubishi di Indonesia.

Mitsubishi berpartisipasi dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021.  Mereka memperkenalkan kembali beragam keunggulan produk dan layanan.Mitsubishi Xpander. Foto: Grandyos Zafna

Mitsubishi mengklaim, Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) memimpin segmen small MPV. Padahal, harga Mitsubishi Xpander tak lebih murah daripada kompetitornya. Malah, banyak mobil small MPV yang harganya di bawah Xpander. Xpander sendiri dijual dengan harga terendah dari Rp 223 jutaan. Sementara kompetitornya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga hingga Wuling Confero memiliki harga terendah kurang dari Rp 200 juta, terutama dengan PPnBM 0%.

Meski begitu, menurut catatan Mitsubishi, Xpander masih bisa terjual sebanyak 4.569 unit pada Juli 2021 lalu. Mitsubishi Xpander meraih pangsa pasar lebih dari 37% di segmen small MPV.

"Model Xpander termasuk Xpander Cross terus memperkuat posisinya sebagai model favorit konsumen yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen Indonesia. Penerimaan pasar yang tetap baik terhadap model ini dibuktikan dengan peningkatan penjualan dan pangsa pasar di segmennya. Dengan kembali diterimanya penghargaan sebagai produk innovatif merek small MPV oleh Xpander baru-baru ini, menyusul berbagai penghargaan lain yang telah diterima sebelumnya termasuk Car of The Year dari media nasional dan asosiasi wartawan otomotif di Indonesia, memperkuat posisi Xpander sebagai kendaraan yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan keunggulan yang tetap relevan dan dapat mengikuti perkembangan waktu," kata Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI dalam keterangan tertulisnya.

Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Xpander

Bicara spesifikasi, Mitsubishi Xpander dibekali mesin berkode 4A91 MIVEC DOHC 16-valve 1.499 cc. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

Mitsubishi menghadirkan dua pilihan transmisi. Ada transmisi otomatis 4 percepatan dan transmisi manual 5 percepatan.

Dari segi eksterior, Mitsubishi Xpander dilengkapi velg 16 inchi, bumper depan dan belakang, spoiler belakang, window defogger, shark fin antenna, kamera belakang serta sensor parkir belakang.

Mitsubishi meluncurkan 2 varian baru Xpander di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Penasaran?Mitsubishi Xpander. Foto: Ari Saputra

Sementara di interiornya, Mitsubishi Xpander bisa menampung hingga 7 orang penumpang. Mobil ini dilengkapi dengan fitur setir yang bisa diatur tilt & telescopic, keyless operating system hingga head unit 7 inchi dengan konektivitas smartphone.

Sedangkan soal fitur keamanan, Mitsubishi Xpander memiliki power window timer yang dapat membuka/menutup power window hingga 30 detik setelah mobil dimatikan, headlight auto off function, auto door relock system, anti-lock braking system (ABS), hill start assist, pedestrian protection, active stability control, dual SRS airbag, emergency stop signal, cruise control sampai welcome light & coming home light (lampu menyala saat pintu mobil baru dibuka dan tetap menyala selama 30 detik saat turun dari mobil).

Berikut harga Mitsubishi Xpander dengan PPnBM 0% yang masih berlaku sampai Agustus 2021 ini:

- Xpander GLS M/T: Rp 223.520.000
- Xpander Exceed M/T: Rp 231.500.000
- Xpander GLS A/T: Rp 233.900.000
- Xpander Exceed A/T: Rp 241.270.000
- Xpander Sport M/T: Rp 248.820.000
- Xpander Sport A/T: Rp 258.300.000
- Xpander Ultimate A/T: Rp 262.130.000
- Xpander Rockford Fosgate Black Edition M/T: Rp 257.570.000
- Xpander Rockford Fosgate Black Edition A/T: Rp 266.950.000.



Simak Video "Diskon PPnBM Turun Jadi 25%, Segini Harga Mitsubishi Xpander"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)