Bocoran Mobil Hybrid di RI Mulai 2022: Kijang, Ertiga, sampai Xpander Hybrid

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 15 Jul 2021 15:35 WIB
Memperingati Hari Bumi se-dunia, PT Toyota Astra Motor selaku pemegang merk Toyota di Indonesia meluncurkan lineup mobil hybrid terbarunya.
Bocoran rencana mobil hybrid di Indonesia, dari Kijang Hybrid sampai Xpander Hybrid. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Indonesia akan mengembangkan mobil berteknologi hybrid. Beberapa pabrikan Jepang disebut telah berkomitmen untuk meluncurkan mobil hybrid di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Menurut Agus, prinsipal otomotif di Jepang memberikan komitmen kepada Indonesia untuk membangun kendaraan bermotor berbasis listrik di Indonesia.

Agus mengatakan, saat pihaknya berkunjung ke Jepang beberapa waktu lalu, prinsipal otomotif di Jepang menyatakan kesiapannya untuk berinvestasi di Indonesia. Berbagai pabrikan seperti Toyota, Honda, Suzuki dan Mitsubishi berkomitmen menanamkan investasi baru di Indonesia.

"Salah satu dari pertemuan antara Kemenperin (Kementerian Perindustrian) dengan para prinsipal industri otomotif di Jepang saat kami berkunjung ke Jepang pada Maret 2021, adalah tercapainya komitmen investasi baru dari berbagai macam produsen. Seperti Toyota Motor Corporation sebesar Rp 28,3 triliun hingga 2024, Honda Motor Company sebesar Rp 5,2 triliun hingga 2024, Suzuki Motor Corp Rp 1,2 triliun dan Mitsubishi Motors Corporation Rp 11,2 triliun sampai 2024," beber Agus dalam Investor Daily Summit 2021.

Dalam presentasi yang dipaparkan Agus, ada beberapa bocoran model baru yang bakal diluncurkan pabrikan otomotif asal Jepang. Beberapa di antaranya adalah mobil hybrid.

Disebutkan dalam presentasi tersebut, Toyota akan memproduksi 10 mobil hybrid, termasuk 5 mobil plug-in hybrid. Salah satu mobil hybrid yang akan diproduksi di Indonesia adalah Toyota Kijang Hybrid yang tertulis tahun 2022.

Selanjutnya, Honda akan meluncurkan beberapa mobil baru, termasuk Brio, Mobilio dan BR-V. Selain itu, ada pula mobil hybrid baru Honda yang kabarnya akan diluncurkan di Indonesia.

Suzuki juga akan menghadirkan mobil hybrid mulai tahun depan. Masih berdasarkan paparan Agus, Suzuki Ertiga dan Suzuki XL7 akan disematkan teknologi mild hybrid. Suzuki Ertiga Mild Hybrid akan diluncurkan 2022 dan XL7 Mild Hybrid 2023.

Terakhir dari Mitsubishi yang akan menghadirkan Xpander Hybrid. Dari presentasi Agus, Mitsubishi menyiapkan Xpander Hybrid dan dua model baru, serta Model A yang akan diproduksi tahun 2023. Sementara fasilitas produksi Mitsubishi L300 akan dipindah ke Filipina.



Simak Video "Toyota Aqua, Mobil Rp 260 Jutaan yang Tembus 35.8 Km/Liter"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)