Perusahaan Mobil Balap Rancang Perahu Kayak untuk Atlet Jepang di Olimpiade Tokyo

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 02 Agu 2021 15:59 WIB
Perahu Kayak buatan Mooncraft perusahaan otomtif yang biasa merancang mobil balap.
Perahu Kayak buatan Mooncraft perusahaan otomotif yang biasa merancang mobil balap. Foto: Pool (Autoblog)
Jakarta -

Sebuah perusahaan yang bergerak di industri mobil balap merancang sebuah desain baru, namun hasil desain ini bukan berbentuk roda empat melainkan sebuah perahu kayak yang digunakan dalam ajang Olimpiade.

Atlet kayak asal Jepang, Kazuya Adachi, menggunakan sebuah perahu buatan produsen balap asal Jepang yakni Mooncraft. Kazuya menggunakan kayak tersebut dalam cabang olahraga kano di Olimpiade Tokyo 2020.

Dikutip dari Autoblog, pendiri Mooncraft yakni Takuya Yura mengaku tidak paham betul bagaimana mendesain sebuah perahu kayak yang akan digunakan Adachi dalam Olimpiade Tokyo 2021. Namun dia berusaha membuat perahu kayak yang memiliki bobot yang ringan sehingga memudahkan atlet saat bertanding.

"Kami benar-benar tidak tahu bagaimana caranya membuat perahu kayak untuk Adachi," kata Takuya Yura.

Meski demikian perusahaan Mooncraft membuat perahu kayak coba memberikan yang terbaik dengan menggunakan serangkaian serat karbon yang dibuat secara khusus. Agar tidak dicap sebagai penjiplak, Mooncraft merancang perahu kayak sedikit berbeda dari buatan Eropa yang sudah terkenal dan sering digunakan dalam berbagai kompetisi.

Yura juga berusaha keras untuk membuat perahu kayak dengan bobot ringan dan ukuran yang pas bagi Adachi. Mooncraft berhasil menurunkan berat kayak hingga minimal 9 kg.

Perahu Kayak buatan Mooncraft perusahaan otomtif yang biasa merancang mobil balap.Perahu Kayak buatan Mooncraft perusahaan otomotif yang biasa merancang mobil balap. Foto: Pool (Autoblog)

Mooncraft sendiri sudah merancang desain perahu kayak tersebut selama kurang lebih dua tahun. Lalu, Olimpiade Tokyo yang sempat tertunda setahun karena pandemi COVID-19 membuat Yura memiliki banyak waktu untuk menyempurnakan desain perahu kayak karya dirinya.

Yura enggan mengungkapkan berapa besar biaya proyek dari merancang perahu kayak buatan Mooncraft untuk atlet kano tersebut. Namun dikabarkan, Adachi sendiri tidak perlu membayarnya.

Saat cabang olahraga kano digelar di Kasai Canoe Slalom Center, Adachi menggunakan dua perahu buatan produsen mobil balap tersebut. Kayak pertama bernomor 9 sebagai perahu utama dan nomor 10 sebagai cadangan.

Tampil di rumah sendiri, sayangnya Adachi yang menempati urutan ke-59 ranking dunia gagal tembus ke final. Dirinya harus puas menduduki posisi keenam di Olimpiade Tokyo 2020. Sementara medali emas dimenangkan oleh Jiri Prskavec dari Republik Ceko.



Simak Video "Dukungan Warganet untuk Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)