Bawa Mobil Listrik Nggak Khawatir Lagi, Bisa Dicas di Rest Area

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 01 Agu 2021 16:31 WIB
Tim detikcom membuktikan seberapa tangguh mobil listrik bisa dikendarai untuk perjalanan jarak jauh. Hyundai Ioniq langsung gas Jakarta-Bali.
Di rest area sudah ada SPKLU untuk mobil listrik. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Infrastruktur pengisian ulang baterai kendaraan listrik terus diperbanyak. Tak cuma di perkotaan, di rest area jalan tol juga bakalan tersebar fasilitas pengisian baterai kendaraan listrik atau biasa disebut Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

PT Jasamarga Related Business (JMRB) dan Verywords Co. Ltd. menjalin kerja sama dan menjajaki studi perencanaan bisnis di bidang pengembangan bisnis energi baru terbarukan, stasiun pengisian kendaraan listrik, energi efisiensi dan bisnis digital.

Direktur Bisnis Komersial PT JMRB Imad Zaky Mubarak mengatakan, penjajakan kerja sama ini merupakan salah satu upaya bagi PT JMRB untuk berpartisipasi terhadap program pemerintah. Apalagi, kata Zaky, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebagai induk usaha, memiliki misi "Green Toll Road" yang mencanangkan gerakan hijau (go green) dari jalan tol dan berbagai aspek di dalamnya, termasuk rest area.

"Selama ini, kami gencar melakukan program penghijauan seperti penanaman pohon, pengolahan limbah sampah, serta mendukung ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area yang kami kelola. Terlebih, pemerintah tengah melakukan percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan," kata Zaky dalam keterangan tertulis.

Menurut CEO Verywords Kim Sung Woo, di Korea Selatan, salah satu cara untuk meningkatkan minat masyarakat dalam penggunaan kendaraan listrik adalah dengan meningkatkan penyediaan fasilitas SPKLU yang dipasang di tempat peristirahatan seperti rest area jalan tol. Hal serupa dapat dilakukan di Indonesia yang mulai menggencarkan penggunaan kendaraan listrik.

"Penyediaan SPKLU menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan penggunaan kendaraan listrik dan meningkatkan penggunaan energi terbarukan. Berangkat dari tujuan yang sama mengenai upaya aktif untuk mencapai netralitas karbon di Indonesia tersebut, maka Verywords dan PT JMRB membuat perjanjian MoU ini," ujar Kim Sung Woo.

Verywords merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang memiliki fokus bisnis untuk jasa konsultasi perubahan iklim, produksi kendaraan listrik, implementor stasiun pengisian listrik untuk kendaraan listrik, dan pelaksana dari berbagai macam proyek pengurangan emisi.

Sementara itu, di beberapa rest area jalan tol sudah memiliki fasilitas SPKLU. Misalnya di Tol Trans Jawa, beberapa lokasi seperti di Rest Area KM 207 A Ruas Palikanci, Rest Area KM 379 A Ruas Batang-Semarang, serta Rest Area KM 519 A dan KM 519 B Ruas Solo-Ngawi sudah terdapat SPKLU. Jadi, pengguna mobil listrik yang melintas Tol Trans Jawa bisa ngecas mobilnya sambil istirahat.



Simak Video "Wujud Mobil Listrik dari Opel: Imut-imut, Harganya Cuma Rp 108 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)