Ini Velg Bukan Sembarang Velg, Bikinnya Saja 5 Tahun

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 27 Jul 2021 18:06 WIB
Velg Carbon Bentley Bentayga
Velg Carbon Bentley Bentayga Foto: Bentley
Jakarta -

Velg mobil ibarat sepatu bagi mobil, jika velg tidak pas maka akan mengganggu kenyamanan saat berjalan. Apalagi jika velg mobilnya untuk SUV bertenaga, Bentley Bentayga.

Bentley Bentayga merupakan mobil yang dibangun di atas platform VWMLBevo, sama dengan Porsche Cayenne, Lamborghini Urus, hingga Volkswagen Touareg.

Performa dari varian terendah Bentley Bentayga saja dibekali mesin V8 yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 542 dk dan torsi 770 Nm. Untuk mendukung performa tersebut, Mulliner, coachbuilder dari Bentley guna membesut velg karbon berukuran 22 inch khusus Bentayga.

Sejatinya penggunaan velg dari serat carbon ini juga menjadi opsi pada merek lain seperti Mustang pada Shelby GT500-nya ataupun Ferrari pada SF90 Stradale.

Mulliner bekerjasama dengan Bucci Composites untuk memproduksi velg SUV ini. Terhitung prosesnya sudah memakan waktu 5 tahun untuk pengerjaan velg ini, mulai dari desain, produksi, hingga pengetesan.

Bentley menyebut velg berukuran 22 inch merupakan velg carbon terbesar di dunia, keuntungannya bisa memangkas bobot hingga 6 kilogram untuk satu roda.

Velg karbon baru ini telah mengikuti standar TÜV (Technischer berwachungsverei - Technical Inspection Association) yang sangat ketat, dan merupakan velg carbon pertama yang diproduksi untuk lulus semua tes TUV.

Salah satu pengujiannya ialah benturan radial dan lateral untuk mensimulasikan saat menghantam lubang dan batu. Selain itu velg carbon ini juga diuji terhadap tekanan angin yang berlebihan, serta tekanan torsi yang melebihi batas.

Bentley menyebut velg serat carbon ini tidak hanya memberikan penghematan berat yang signifikan, tetapi juga menawarkan manfaat tambahan berupa peningkatan kekuatan dan kekakuan.

Velg Carbon Bentley BentaygaVelg Carbon Bentley Bentayga Foto: Bentley

Misalnya saat velg menghantam atau menghajar lubang bisa menghindari ledakan ban hingga menimbulkan dampak yang parah.

"Ketika pelek menerima benturan yang tinggi, tenunan terlepas meninggalkan bukaan untuk memungkinkan hilangnya udara secara bertahap daripada mengempis secara instan seperti velg aluminium," tulis pernyataan Bentley.

Keunggulan lain, dengan penghematan berat 6 kg dan kekakuan tinggi yang diberikan oleh sifat-sifat serat karbon membuat kemudi lebih stabil.

Tidak disebutkan berapa velg carbon ini bakal dijual. Roda ini bakal tersedia pada akhir 2021 yang bisa dipesan melalui Mulliner.



Simak Video "Uniknya Kursi dan Meja dari Velg Motor Bekas, Tanjungpinang"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)