Jos! Sekali Charger Mobil Solar Panel Listrik Ini Bisa Lari Hingga 709 Km

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 10 Jul 2021 18:55 WIB
Jakarta -

Perusahaan Starup asal Belanda Lightyear mulai menemui titik akhir untuk bisa segera memproduksi mobil tenaga matahari dengan penggerak listrik mereka. Bahkan dikatakan dalam pengujian terakhir mobil tenaga surya Lightyear One diklaim mampu berlari 441 atau setara dengan 709 km.

Dikutip Motortrend, dalam sekali pengisian mobil solar bertenaga listrik yang disapa Lightyear One kini diklaim bisa berlari hingga 441 mil atau 709 km. Memang jarak yang dihasilkan ini tidak jauh berbeda dibandingkan dengan Tesla Model S dan Lucid, akan tetapi bisa dipastikan Lightyear One bakal memiliki baterai yang lebih kecil.

Jika Tesla Model S menggendong baterai 100 kWh, bisa dipastikan Lightyear One hanya menggendong baterai 60 kWh untuk bisa berlari 709 km dalam sekali pengisian baterai.

Artinya perusahaan asal Belanda ini telah menemukan cara untuk bisa mendapatkan jangkauan yang lebih jauh, bahkan dalam hitungan Lightyear One mobil solar listrik ini mampu berlari 11 km per 1 kWh jika dibandingkan dengan Tesla Model 3.

Lightyear One mobil solar panel listrikLightyear One mobil solar panel listrik Foto: dok. Lightyear/Motortrend

Lightyear One mengatakan dirinya masih terus mencari cara untuk bisa membuat mobil solar listrik miliknya mampu berlari 450 mil atau setara dengan 724 km dalam sekali pengisian. Selanjutnya perusahaan Start Up ini juga akan melakukan pengujian resmi di EPA dan WLTP untuk membuktikan keefisienan mereka.

Meski belum memiliki harga jual dan masih dalam tahap pengujian, mobil ini dipastikan akan masuk dalam jalur produksi dan akan menjadi pesaing tangguh di pasar mobil listrik.

(lth/din)