Lagi, Tesla Recall Ratusan Ribu Unit Mobil Listriknya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 27 Jun 2021 15:12 WIB
Logo Tesla
Tesla recall ratusan ribu mobil listriknya. Foto: REUTERS/Lucas
Jakarta -

Produsen otomotif Tesla melakukan penarikan mobil yang mencapai ratusan ribu unit untuk Model 3 dan Model Y di China. Hal ini diakibatkan adanya masalah sistem operasi pada kendaraan listriknya.

Tesla melakukan recall sebanyak 285.520 unit dari Model 3 hingga Model Y dengan rincian 35.665 merupakan Model 3 dan 249.855 adalah Model Y. Penarikan ini dilakukan secara mendadak dan telah dijalankan sejak Sabtu (26/6/2021) waktu setempat.

Dikutip dari laman CNN, mobil EV milik Tesla yang merupakan buatan China dan hasil impor tersebut mengalami masalah pada sistem kendali kecepatan otomatis atau disebut cruise control. Hal ini dilakukan agar mengurangi risiko kecelakaan dan menyebabkan korban jiwa.

Masalah pada fitur cruise control dapat menyebabkan pengemudi mengaktifkan sistem tersebut secara tidak sengaja. Sehingga hal ini bisa meningkatkan kecepatan secara tiba-tiba yang melampaui kemampuan pengemudi.

Ada masalah pada mobil listriknya, Tesla kemudian menyampaikan permohonan maaf kepada konsumen atas dampak dari recall yang dilakukan secara mendadak. Tesla juga mengatakan bahwa konsumen yang terdampak bisa menyampaikan permohonan recall melalui sistem online.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan pada pemilik mobil kami. Sementara itu, Tesla akan secara ketat mengikuti peraturan nasional di China dan terus meningkatkan perlindungan dan keselamatan bagi konsumen," tulis pernyataan resmi Tesla kepada konsumen.

Sementara untuk konsumen yang kesulitan menyelesaikan proses recall secara online dan terhalang jarak yang jauh, Tesla akan mengontak langsung mereka untuk memperbarui sistem kendali pada kendaraannya.

Ini bukan kejadian pertama Tesla harus melakukan recall pada kendaraan EV-nya dari pasar. Pada awal Juni lalu, lebih dari 6.000 unit Model 3 dan Model Y di Amerika Serikat mendapat penarikan karena masalah baut kaliper rem yang longgar, hal ini berpotensi menyebabkan hilangnya tekanan ban.

(lua/lua)