Tesla Recall Mobil Listrik, Ada Masalah di Sabuk Pengaman

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 05 Jun 2021 12:16 WIB
Tesla Model Y
Tesla recall mobil listrik karena masalah sabuk pengaman. Foto: Tesla.com
Jakarta -

Tesla kembali melakukan recall terhadap ribuan mobil listriknya yang sudah beredar di jalan raya. Hal ini disebabkan karena terdapat masalah fungsi pada sabuk pengaman.

Penarikan kembali mobil tersebut terjadi pada mobil listrik tipe Model 3 dan Model Y. Diperkirakan sebanyak 7.696 unit mobil listrik Tesla akan di-recall di Amerika Serikat.

Dikutip dari CNBC, sampai saat ini mobil yang ditarik telah mencapai 5.530 unit. Adapun mobil yang terdampak recall mulai dari Tesla Model 3 buatan 2018 sampai 2020, serta Model Y rakitan tahun 2019 hingga 2021. Sejumlah mobil listrik Tesla yang di-recall tersebut diproduksi mulai 6 Juli 2018 hingga 21 Maret 2020.

Laporan recall tersebut disampaikan langsung dalam situs resmi Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA). Sebelumnya Tesla mengirim laporan ke NHTSA bahwa terdapat masalah pada sabuk pengaman di kursi pengemudi dan penumpang depan mobil.

Dalam laporannya, Tesla mengatakan bahwa ada kegagalan produksi yang dihasilkan saat memasang komponen sabuk pengaman. Hal ini menyebabkan sabuk pengaman tidak terpasang dengan tepat, sehingga menimbulkan risiko yang sangat besar dan berbahaya.

"Pengikat yang tidak terpasang dengan benar dapat mencegah sistem sabuk pengaman bekerja seperti yang dirancang, dan meningkatkan risiko cedera," tulis NHTSA dalam situs resminya.

Setelah menarik kembali mobil lebih dari 5.000 unit, Tesla akan melakukan recall tahap kedua dengan masalah yang sama. Sebanyak 2.166 mobil Model Y crossover tahun 2019 sampai 2021 akan ditarik, dengan tanggal produksi mulai 26 November 2019 hingga 30 Maret 2021.

Ini bukan pertama kali Tesla melakukan recall, sebelumnya perusahaan milik Elon Musk tersebut juga menarik kembali kendaraan listriknya yang disebabkan adanya baut yang longgar. Hal ini sangat berbahaya karena berdampak pada kaliper rem sehingga tidak akan bekerja dengan maksimal.

Sehingga total sebanyak 5.974 Tesla Model 3 dan Model Y tahun produksi 2019-2021 dan Model Y buatan 2020-2021 terpaksa ditarik kembali di Amerika Serikat. Jika ditotal, ini merupakan recall yang ketiga kalinya dalam sepekan terakhir oleh Tesla karena masalah pada mobil listriknya.



Simak Video "Mantap! Beli Mobil Tesla Bisa Pakai Bitcoin"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)