Waduh! Mobil Hyundai Kona EV Terbakar Lagi

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 24 Jun 2021 16:36 WIB
Hyundai Kona EV versi Grab
Hyundai Kona Electric (Fuad Hasim/detikoto)
Jakarta -

Mobil listrik Hyundai Kona kembali mengalami kebakaran. Nahas, kejadian tersebut terjadi di dua tempat berbeda dan berselang beberapa hari saja.

Dikutip dari Inside Evs, kejadian pertama terjadi di kota Oslo, Norwegia pada Rabu (23/6/2021) pagi waktu setempat. Saat itu sebuah Hyundai Kona Electric tengah terparkir di pinggir jalan, lalu tiba-tiba muncul api dari bagian bawah mobil.

Saat kejadian, mobil listrik itu sedang tidak mengisi daya dan dalam keadaan mati. Namun dalam waktu sekejap muncul kepulan asap dan terlihat api yang berkobar dari bawah mobil.

Diduga komponen baterai menjadi penyebab Hyundai Kona Electric tersebut terbakar. Beruntung petugas pemadam kebakaran bergerak cepat untuk memadamkan api, sehingga mobil tidak hangus terbakar dan menjalar ke mobil lain. Tidak ada korban luka dalam kejadian tersebut.

Beberapa hari sebelumnya, mobil Kona EV juga dilaporkan mengalami kebakaran di lokasi terpisah. Kejadian tersebut terjadi di Chungcheongnam-do, Korea Selatan pada Jumat (18/6/2021) pagi waktu setempat. Kejadiannya sama persis dengan yang dialami oleh Kona EV di Norwegia di mana bagian bawah mobil tiba-tiba memunculkan percikan api yang besar.

Dalam laporan yang dihimpun pihak kepolisian, Kona listrik tersebut terbakar di pinggir jalan dan tidak sedang mengisi daya baterai. Namun tiba-tiba saja muncul kepulan asap dan disusul api yang membara dari bagian bawah mobil, hal ini sama persis dengan yang terjadi di Norwegia.

Petugas pemadam kebakaran yang mendapat panggilan langsung bergerak cepat mendatangi lokasi kejadian. Sayang, SUV listrik lima seater ini dilalap api dengan cepat hingga hangus terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Kejadian tersebut menambah jumlah daftar panjang kendaraan listrik Hyundai yang terbakar di berbagai negara. Akibat kebakaran tersebut, pihak Hyundai melakukan recall sebanyak 88 ribu unit mobil listrik di seluruh dunia sejak beberapa bulan lalu.

Dikutip dari CNN, saat itu Hyundai menarik kendaraan listrik produksi November 2017 hingga Maret 2020. Model yang terlibat recall ini termasuk Kona Electric, Ioniq Electric, dan bus Elec City.

Recall 82 ribu unit ini merupakan buntut 15 laporan kasus kebakaran yang diduga berasal dari masalah baterai. Hyundai dalam pernyataan resmi menyebut bahwa penyelidikan atas kebakaran sudah dilakukan dan menunjukkan sel baterai buatan LG dapat rusak sehingga mengalami korsleting.

Tapi sampai saat ini Hyundai menjelaskan masih melakukan pembicaraan dengan pemasok baterai LG Energy Solutions untuk menentukan pihak mana yang akan bertanggung jawab atas biaya tidak sedikit tersebut.

Kona Electric di Indonesia Aman

Sementara untuk penjualan di Indonesia, Hyundai Motors Indonesia (HMID) menjamin mobil listrik Kona yang dipasarkan tidak terlibat recall global yang akan dijalankan prinsipal.

"Yang kita ketahui sejauh ini telah beredar pengumuman oleh headquarters kami di media-media itu terjadi pemanggilan kembali terhadap produk-produk Kona. Produk yang terkena adalah produksi dalam kurun waktu tertentu, jadi untuk Kona yang akan didistribusikan atau dijual di pasar Indonesia tidak termasuk dalam kurun waktu atau batch production yang termasuk dalam recall tersebut. Jadi aman untuk kita dari recall tersebut," ujar General Manager Service Hyundai Motors Indonesia Putra Samiaji beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan pihaknya sebagai agen pemegang merek (APM) Hyundai bakal selalu mengawal informasi terkait produk dan keselamatan mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia.

"Namun tetap saja kami selaku APM selalu bertanggung jawab, jangan khawatir kita akan selalu meng-update kebutuhan lebih lanjut mengenai servis dan lainnya," ungkap Putra.



Simak Video "Nge-tes Iritnya Kona Electric Facelift"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)