Mazda MX-5 Miata Bakal Lahir dalam Versi Listrik

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 24 Jun 2021 10:37 WIB
Logo Mazda
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Beberapa pekan lalu Mazda telah mengumumkan bahwa seluruh mobilnya akan ditenagai listrik pada tahun 2030. Dari jajaran tipe mobil tersebut, nama Mazda MX-5 mencuat dan dikabarkan juga ikut ke dalam kendaraan listrik di masa depan.

Dikutip dari The Drive, MX-5 Miata menjadi salah satu dari total 13 tipe kendaraan yang akan disiapkan versi listriknya. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh salah satu narasumber Mazda.

"Mazda akan berusaha untuk mengusung MX-5 Miata sebagai kendaraan listrik di tahun 2030 mendatang. Kami akan berusaha keras untuk membuat mobil sport dua tempat duduk ini lebih ringan, harga yang terjangkau dan memenuhi kebutuhan pelanggan," kata narasumber tersebut yang tidak mau disebutkan namanya.

Pejabat tinggi Mazda juga memberikan sejumlah kode jika Mazda MX-5 Miata akan jadi salah satu model yang mengusung tenaga listrik. Dalam sesi konferensi pers yang digelar Kamis lalu, Senior Executive Officer Mazda, Ichiro Hirose mengungkapkan sedikit bocoran bahwa MX-5 akan masuk dalam jajaran kendaraan listrik.

Namun, tak dijelaskan oleh Ichiro apakah MX-5 Miata nanti telah mengusung tenaga listrik sepenuhnya atau masih menggunakan hybrid plug-in. Spekulasi lain mengatakan jika mobil bertipe roadster ini akan jadi model masa depan yang lebih baru dan sedikit berbeda dari generasi sebelumnya.

Hingga saat ini belum ada tanggapan lebih lanjut mengenai Mazda MX-5 Miata versi listrik. Meski begitu, Mazda sudah mempersiapkan teknologi untuk mobil terbarunya nanti yaitu SKYACTIV EV Scalable Architecture. Fitur ini akan diusung pada seluruh tipe Mazda yang mulai digunakan pada tahun 2025.

Sebelumnya pada Mei lalu, Mazda telah mengatakan jika seluruh kendaraannya yang diproduksi pada 2030 sudah mengusung tenaga listrik. Awalnya Mazda mengalokasikan kendaraan EV sebesar 5% saja, namun sekarang rasionya ditingkatkan hingga mencapai 25%.

Ichiro Hirose juga mengatakan bahwa pihak Mazda akan melakukan pengembangan mobil EV-nya secara mandiri. Namun untuk saat ini Mazda masih menggunakan teknologi yang dibuat bersama dengan Toyota, Mazda dan Denso.



Simak Video "Mulai dari Rp 400 Jutaan, Ini Daftar Harga Mobil Listrik di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)