Suzuki Jimny Lite Bakal Masuk Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 23 Jun 2021 13:35 WIB
Suzuki Jimny
Suzuki Jimny versi lite akan masuk Indonesia? (Detik.com/20Detik)
Jakarta -

Suzuki Jimny Lite dikabarkan bakal meluncur di Australia pada Agustus 2021. Peluncuran Suzuki Jimny 'paket hemat' ini digadang sebagai salah satu cara untuk memangkas masa waktu inden mobil. Bagaimana dengan Indonesia?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memasarkan Jimny sejak 2018 lalu. Namun antriannya membludak, bahkan konsumen perlu menanti barang hingga tahunan.

4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra mengatakan bahwa untuk saat ini pihaknya belum bisa menjanjikan Suzuki Jimny Lite akan diboyong ke Indonesia.

"Sampai dengan saat ini kami belum bisa berkomentar, saat ini kami hanya menjual satu varian Jimny saja," kata Donny saat dihubungi detikOto, Rabu (23/6/2021).

Suzuki Jimny, SUV kompak 3 pintu itu sukses memikat pasar Indonesia. Memiliki desain mengotak yang gagah, Jimny banyak dipesan pecinta otomotif Tanah Air, kendati masa indennya bisa sampai bertahun-tahun.

Pihak SIS sendiri sudah berhenti menerima pesanan Jimny sejak 1 September 2019. Sebab dibatasi kuota pengiriman per bulan. Beberapa waktu yang lalu, pihak Suzuki hanya bisa mendistribusikan Jimny 50 unit setiap bulannya.

Selain sulit dimiliki karena masa tunggu yang lama dan pembatasan kuota, harga Suzuki Jimny ternyata terus mengalami kenaikan. Seperti di Januari 2021, harga Jimny di situs resmi Suzuki Indonesia terpantau tembus Rp 400 juta.

Harga Suzuki Jimny terpantau untuk tipe MT (Single Tone) Rp 395.500.000, AT (Single Tone) Rp 408.000.000, MT (Two Tone) Rp 398.500.000, dan tipe AT (Two Tone) Rp 411.000.000.

Ada beberapa bocoran Suzuki Jimny Lite yang bakal meluncur di Australia pada Agustus mendatang. Paket hemat yang membuat harga mobil lebih murah, beberapa fitur dalam mobil di-downgrade.

Beberapa ubahan bakal dilakukan, mulai dari velg diganti baja 15 inci berkelir hitam, menggantikan velg Alloys 15 inci yang dipakai Jimny versi reguler. Pergantian di sektor eksterior lainnya ialah rumah (cover) spion terbuat dari plastik, lampu depan proyektor halogen, dan tidak menggunakan lampu kabut.

Lalu pada fitur hiburan, Jimny Lite juga akan mendapatkan radio/pemutar CD double DIN, pengganti layar infotainment 7,0 inci di Jimny saat ini.

Sementara dari sektor dapur pacunya masih menggunakan mesin bensin empat silinder 1.5 liter yang bisa menghasilkan tenaga 75 kW dan torsi 130 Nm. Namun Jimny Lite hanya akan tersedia dengan transmisi manual 5-percepatan.

Dikutip CarAdvice, Rabu (23/6/2021) strategi ini disebut untuk memangkas waktu tunggu (inden) mobil. Sebab saat ini perlu menunggu 6 - 8 bulan untuk mendapatkan Suzuki Jimny di Australia. Belum diketahui berapa jumlah Jimny Lite yang akan dipasarkan.

"Tetapi yang pasti, kehadiran versi ini pastinya akan menurunkan waktu (masa) tunggu (inden). Sebab saat ini masa inden enam sampai delapan bulan," kata Juru Bicara Suzuki Motor Australia kepada CarAdvice.

Suzuki Jimny 'paket hemat' ini mulai dipasarkan pada Agustus mendatang. Keran pemesanan baru dibuka pada 1 Juli 2021. Disebutkan pula Suzuki Jimny Lite bakap diproduksi di Jepang.



Simak Video " Jimny Versi Murah Rilis, Suzuki Jimny Lite"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)