Tesla Model S Plaid Mulai Dikirim, Elon Musk Sesumbar Lebih Aman dari Volvo

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 12 Jun 2021 12:44 WIB
Tesla Model S terbaru
Tesla model S Plaid Foto: Tesla
Jakarta -

9 Tahun sejak diproduksi di pabrik Freemont, California, kini Tesla Model S mendapat penyegaran. Tak hanya dari segi tampang, tapi juga performa. Versi terbarunya dan tertingginya disebut Model S Plaid.

Dikutip dari CNBC, Jumat (11/6/2021) Tesla Model S Plaid mulai dikirim ke 25 konsumen. Elon Musk sesumbar produk termahal mobil listrik sedan Tesla ini lebih baik dalam segala hal, mulai dari kecepatan hingga keamanan.

"Lebih cepat dari Porsche tapi lebih aman dari Volvo," kata Elon Musk, Kamis (10/6/2021).

"Kita dalam jalur produksi dan akan pengiriman pertama 25 unit, kemudian beberapa ratus unit per minggu, hingga ribuan mobil per minggu," sambung dia.

Model S anyar ini merupakan perombakan besar pertama sejak pertama kali diluncurkan pada 2012. Desain eksterior sebagian besar tidak berubah meskipun memiliki koefisien drag super rendah 0,208, dan interior telah menerima facelift besar.

Model S sekarang memiliki layar sentuh horizontal seperti yang ditemukan di Model 3 dan Model Y, tetapi dengan versi 17 inci yang lebih besar dengan bezel yang lebih kecil.

Tesla Model S terbaruTesla Model S terbaru Foto: Tesla

Berbeda dengan Model 3 dan Model Y, kluster instrumen digital di belakang kemudi. Pada Model S layar ketiga ditemukan di belakang konsol tengah untuk penumpang belakang.

Ada juga peningkatan lain, seperti lebih banyak ruang untuk penumpang belakang, serta pengisi daya telepon nirkabel di kursi belakang.

"Model S saat ini, kursi belakang tidak luar biasa. Tapi yang baru - ini sebenarnya kursi belakang yang benar-benar keren, "kata Musk.

Selain itu Tesla Model S Plaid terbaru ini juga bisa memainkan game klasifikasi AAA di layar depan pada 60 frame per detik. Selain itu juga memungkinkan layanan lain seperti Neflix, dan Spotify.

Tesla Model STesla Model S Foto: Tesla

Sementara soal kecepatan,Model S Plaid ditenagai oleh drivetrain tri-motor baru yang awalnya dikembangkan Tesla untuk Roadster generasi kedua yang akan datang. Ketiga motor tersebut secara kolektif menghasilkan sekitar 1.000 tenaga kuda, dan mobil dapat mencapai kecepatan tertinggi 200 mil per jam atau sekitar 321 km/jam.

Tesla mengklaim mobil listrik ini dapat berlari dari 0-96 km/ jam dalam 1,99 detik dan menempuh 250 km/jam dalam 9,23 detik.

Sementara jarak tempuhnya bisa 390 mil (sekitar 627,6 km untuk sekali pengisian daya, tetapi Musk menambahkan mobil dapat menempuh jarak 412 mil (663 km) dengan konfigurasi motor ganda. Kecepatan pengisian yang ditingkatkan memberi pengemudi jangkauan 300 km hanya dalam 15 menit.

Sementara soal harga, Tesla S generasi terbaru dalam dua varian yakni Model S Plaid dijual US$ 129.990 atau sekitar Rp 1,8 miliar. Sementara model S versi tipe terendah Longe Range US$ 79.990 (Rp 1,1 miliar).



Simak Video "Mobil Listrik Murah dari Wuling Laku Keras di China, Hajar Penjualan Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)