Tantang Wuling Almaz RS, Ini Teknologi Semi Otonom di MG HS i-Smart

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 03 Jun 2021 09:14 WIB
MG HS i-Smart resmi meluncur di Indonesia.
MG HS i-Smart resmi meluncur di Indonesia. Foto: Luthfi Anshori/detikcom.
Jakarta -

MG HS i-Smart Magnify resmi meluncur di Indonesia. Mobil pintar ini bakal bersaing dengan Wuling Almaz RS yang juga punya teknologi serupa. Bicara soal teknologi semi otonom, kedua mobil ini memiliki teknologi yang mirip-mirip. Maklum, sebab MG Motor dan Wuling Motor berada dalam satu grup perusahaan yang sama, yakni Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC).

Lantas paket teknologi semi otonom apa saja yang ditawarkan oleh MG HS i-Smart Magnify?

"Kita menyebutnya sebagai Smart Drive, Smart Check, Smart Command, dan Smart Connect," buka Marketing and PR Director MG Motor Indonesia Arief Syarifudin, di sela-sela peluncuran MG HS i-Smart, di Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Teknologi semi otonom di mobil ini disebut sebagai MG Pilot yang menjadi satu kesatuan dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Jika dirinci, teknologi Smart Drive meliputi Lane Assist System (LAS), Front Drive Assist (FDA), dan Rear Drive Assist (RDA).

MG HS i-Smart resmi meluncur di Indonesia.MG HS i-Smart resmi meluncur di Indonesia. Foto: Luthfi Anshori/detikcom

"Lalu ada fitur Lane Keep Assist (LKA), sebuah fitur yang akan membantu memberi peringatan, serta mengoreksi mengoreksi bagi para pengendara agar tetap berada pada lajur yang tepat saat berkendara. Hal ini akan membuat lebih aman dan nyaman," terang Arief.

Fitur tersebut juga didukung fitur Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Departure Prevention (LDP).

"Lalu kemudian apalagi kalau kita tinggal di ibu kota, terutama Jakarta, kemacetan kita hadapi sehari-hari. Dengan fitur Traffic Jam Assist (TJA) para pengendara dapat mengatur laju kendaraan secara otomatis saat kendaraan berada dalam situasi macet," sambung Arief.

"Dan semakin aman juga dengan Blind Spot Detection (BSD) yang dapat memberikan peringatan ketika ada objek yang tidak terlihat oleh pengemudi," kata Arief.

Fitur selanjutnya adalah Smart Check. Fitur ini memungkinkan para pemilik kendaraan untuk mengontrol kendaraannya melalui sebuah aplikasi. Aplikasi bernama MG i-Smart itu sudah bisa diunduh di Playstore dan Applestore.

"Melalui aplikasi ini ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah Remote Vehicle Control. Bayangkan hanya melalui sebuah aplikasi, kita bisa menyalakan mesin dan AC dari jarak jauh. Misalkan ketika kita masih berada di dalam rumah. Sementara kendaraan terparkir di luar. Selain itu kita bisa membuka atau mengunci pintu kendaraan dari jarak jauh dan memanfaatkan aplikasi ini sebagai security alarm. Belum lagi bisa memantau performa dan kondisi mobil, seperti tekanan ban, persentase bensin, hingga mengecek dan menemukan lokasi kendaraan yang kita sebut sebagai find my car," sambung Arief.

Selain itu, para pengguna juga dapat menemukan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi sebelum melakukan perjalanan menggunakan Travel Plan.

Paket teknologi selanjutnya adalah Front Drive Assist (FDA). Dalam paket ini ada Adaptive Cruise Control (ACC) sebagai sistem otomatis yang menyesuaikan kecepatan dan jarak kendaraan dari kendaraan lain yang ada di depannya, atau Traffic Jam Assist (TJA) yang mampu mengatur laju kendaraan secara otomatis pada saat 2 kendaraan berada di tengah kemacetan.

MG HS i-Smart resmi meluncur di Indonesia.MG HS i-Smart resmi meluncur di Indonesia. Foto: Luthfi Anshori/detikcom

Terakhir adalah Rear Drive Assist (RDA) yang akan membantu pengemudi lebih memperhatikan keadaan di bagian belakang kendaraan lewat fitur keselamatannya yang canggih seperti Door Opening Warning (DOW) dan Blind Spot Detection (BSD).

Sedangkan fitur Smart Command akan memudahkan para pengemudi sepanjang perjalanan. Cukup sapa mobil dengan "Hello, MG!" maka sistem kendaraan dapat membantu pengemudi untuk melakukan banyak hal hanya lewat perintah suara.

Saat berkendara di siang hari yang panas, pengemudi dapat mengatakan "temperature down" dan kendaraan akan secara otomatis menurunkan suhu AC. Apabila ingin melihat indahnya bintang dan bulan saat berkendara di malam hari, perintah "open the sunroof" akan secara otomatis membuka Electric I-max Panoramic Sunroof. Di tengah kondisi macet, pengendara juga dapat memainkan music dengan mengucapkan "play the music" atau juga melakukan dan mengangkat panggilan telepon melalui perintah suara pada layar infotainment system.

Tak hanya itu, ada fitur canggih lainnya berupa Smart Connect. Dengan adanya Smart Connect, pengguna bisa mencari lokasi penting yang ingin dituju seperti tempat-tempat kekinian, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan lainnya. Hal itu dapat diakses langsung pada layar infotainment system dalam kendaraan.

Untuk menyematkan berbagai teknologi canggih tersebut, MG bekerja sama dengan sejumlah pihak. Misalnya Mobility Assistant Platform yang dikembangkan oleh Cerence memampukan teknologi kecerdasan buatan di dalamnya untuk dapat mengenali hingga lebih dari 100 perintah suara yang dapat diakses pada MG HS i-Smart dan akan terus ditambahkan seiring pembaruan perangkat lunak.

MG HS i-Smart Magnify ditawarkan melalui Special Launch Price sebesar Rp 469.800.000 selama periode launching.

Dalam kesempatan peluncuran MG HS i-SMART ini juga ditawarkan layanan purna jual berupa gratis biaya perawatan hingga 100.000 km atau 5 tahun, termasuk jasa dan suku cadang, serta garansi selama 5 tahun tanpa batasan kilometer.



Simak Video "Ambisi Morris Garage Ambil User CR-V dan Mazda CX-5"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)