Toyota Raize Inden Lama, Gara-gara Krisis Chip?

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 27 Mei 2021 07:32 WIB
Toyota Raize
Toyota Raize. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Toyota Raize menjadi primadona baru di Indonesia. Tapi, pembeli harus menunggu Toyota Raize sampai unitnya dikirim ke rumah. Bahkan, inden Toyota Raize sampai berbulan-bulan.

Salah satu tenaga penjual di showroom Toyota di Jakarta Utara membenarkan Toyota Raize inden. Kepada detikcom, tenaga penjual itu menyebut, unit yang inden lama terutama adalah Toyota Raize tipe GR Sport TSS yang memiliki fitur canggih Toyota Safety Sense (TSS).

"Yang inden yang two color (dua warna eksterior). (Raize GR Sport) TSS inden," kata tenaga penjual Toyota yang tidak ingin ditampilkan namanya itu.

Tidak disebutkan penyebab pasti kenapa Toyota Raize GR Sport TSS itu harus inden cukup lama. Namun, tenaga penjual itu bilang kemungkinan penyebabnya adalah karena krisis semikonduktor yang melanda industri otomotif dunia. "Betul, (karena) chip-nya," katanya.

Krisis semikonduktor itu menyebabkan produksi mobil terhambat. Bahkan, beberapa pabrik otomotif global sampai mengurangi hasil produksinya hingga ratusan ribu unit. Produksi mobil di Indonesia pada April 2021 pun turun menjadi 90.618 unit dari bulan Maret yang mencapai 102.637 unit. Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto mengatakan, penurunan produksi mobil tersebut disebabkan oleh kendala di bahan baku, kemungkinan karena krisis semikonduktor.

First drive Toyota RaizeToyota Raize Foto: Dok. TAM

Kelangkaan chip untuk produksi kendaraan ini disebabkan karena pandemi berkepanjangan yang membuat perusahaan produsen semikonduktor turut mengurangi jumlah produksinya. Kini, di saat industri otomotif mulai pulih dan produksi mobil kembali digenjot, produsen semikonduktor belum bisa langsung menaikkan jumlah produksinya.

Untuk diketahui, mobil terkini memerlukan chip yang sedang langka tersebut. Apalagi mobil dengan fitur canggih seperti Toyota Raize GR Sport TSS. Berbagai fungsi seperti sensor sabuk pengaman hingga sistem driving assistance memerlukan chip.

Toyota Raize yang inden sampai sembilan bulan memiliki beberapa fitur canggih sehingga mungkin memerlukan chip yang tengah langka tersebut. Fitur-fitur canggih yang ada pada Toyota Raize, terutama tipe GR Sport TSS antara lain Rear Crossing Traffic Alert (deteksi adanya kendaraan yang mendekat di belakang saat Toyota Raize mundur), Pre Collision System (membantu mengurangi risiko kecelakaan dan kerusakan kendaraan dari tabrakan depan), Adaptive Cruise Control, Lane Departure Assist (membantu pengemudi dalam menghindari mobil keluar lajur yang tidak diinginkan), Pedal Missoperation Control (mencegah tabrakan ketika pengemudi salah menginjak pedal), hingga Blind Sport Monitoring (mengidentifikasi objek di area blind spot).

[Halaman Berikut: Produksi Diklaim Aman]



Simak Video "Diskon PPnBM, Toyota Raize Bisa Dicicil Rp 3 Jutaan Per Bulan"
[Gambas:Video 20detik]