PPnBM 0% Berakhir Mei, Pesan Mobil Sekarang Dapatnya Harga PPnBM 50%

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 19 Mei 2021 16:11 WIB
IIMS Hybrid 2021
Diskon PPnBM masih berlaku sampai akhir bulan. Tapi, pesan mobil baru sekarang belum tentu dapat diskon PPnBM 100%. Foto: Dok. Dyandra Promosindo
Jakarta -

Pemerintah telah memberlakukan diskon PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah) untuk mobil baru. PPnBM 0% hampir berakhir. Diskon PPnBM sebesar 100% hanya berlaku sampai Mei 2021.

Namun, beberapa agen pemegang merek (APM) mengklaim antrean pemesanan kendaraan cukup panjang. Bahkan, konsumen harus menunggu mobil yang dipesannya sampai dua bulan. Apakah masih bisa dapat PPnBM 0% jika beli mobil sekarang?

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, pemesanan mobil Honda saat ini indennya sampai bulan Juli. Saat pengiriman dua bulan nanti, PPnBM 0% tak berlaku lagi. Yang berlaku adalah diskon PPnBM 50%.

"Relaksasi PPnBM berdasarkan waktu unit yang di-delivery-kan ke dealer kami (wholesales). Jadi kalau konsumen mendapatkan unit yang diterima dealer utama kami pada bulan Juni atau Juli, berarti mengikuti relaksasi PPnBm periode kedua ya," kata Billy kepada detikcom, Rabu (19/5/2021).

"Sejak awal Mei lalu untuk konsumen yang melakukan SPK, beberapa model, type dan warna kami memang sudah inden sampai Juni dan Juli ya," ujar Billy.

Artinya, pemesanan mobil yang dilakukan bulan ini meski PPnBM 0% masih berlaku tapi jika dapat unit yang dikirim ke dealer bulan depan, maka konsumen hanya dapat diskon PPnBM 50%.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, pemesanan mobil Toyota masih ada yang inden satu bulan bahkan lebih. Dia juga mengatakan pemesanan mobil yang indennya sampai satu bulan atau lebih akan diberlakukan diskon PPnBM periode kedua, yakni 50%.

"Yes (pemesanan yang masih inden sampai bulan depan akan dikenakan diskon PPnBM 50% yang berlaku Juni-Red). Sesuai aturan PPnBM aja," kata Anton.

Sebagaimana diketahui diskon PPnBM yang diberikan pemerintah dibagi dalam tiga periode. Tahap pertama diberikan insentif PPnBM sebesar 100% dari tarif atau PPnBM 0% pada Maret-Mei 2021. Kemudian diikuti insentif PPnBM sebesar 50% dari tarif yang akan diberikan pada tahap kedua pada Juni-Agustus. Pada tahap ketiga pemerintah berikan insentif PPnBM 25% dari tarif pada September sampai akhir tahun.

Di saat periode PPnBM 0% habis pada akhir Mei 2021 ini, harga mobil baru akan ada penyesuaian lagi dengan diskon PPnBM 50% bulan depan. Meski tak dikenakan diskon PPnBM 100%, setidaknya harga mobil baru tetap akan lebih murah bulan depan dengan diskon PPnBM 50%.



Simak Video "Diskon PPnBM 100% Cuma Sampai Hari Ini, Harga Mobil Dipastikan Naik Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)