Sok Ah! Pakai Fitur Autopilot Tesla Pengendara Ini Duduk di Kursi Belakang

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 15 Mei 2021 09:48 WIB
Tesla Model 3 Facelift
Tesla Model 3 Foto: Prestige Image Motorcars
Jakarta -

Sebuah aksi nekat dan berbahaya dilakukan oleh seorang pengendara mobil yang satu ini. Dirinya mengaktifkan fitur autopilot milik Tesla, namun dirinya malah nekat duduk di kursi belakang.

Kejadian ini terjadi di jalan antar negara bagian di wilayah Bay Area, San Francisco, AS, pada Senin (10/05). Kala itu seorang pria bernama Param Sharma yang berusia 25 tahun sedang mengendarai Tesla Model 3 di jalan, dirinya pun mengaktifkan fitur autopilot selama perjalanan.

Namun tindakan selanjutnya sangat berbahaya, dirinya nekat pindah ke kursi penumpang di bagian belakang dan membiarkan mobil jalan dengan sendirinya. Meski telah menghidupkan fitur autopilot, bukan berarti pengemudi bisa bebas melakukan apa saja tanpa mengawasi kemudi.

Dikutip dari Motor1, sebelumnya pihak California Highway Patrol (CHP) mendapat panggilan melalui 911 mengenai seorang pria yang duduk di kursi belakang saat berkendara. Petugas polisi yang sedang berjaga di ruas jalan itu langsung ditugaskan untuk mengejar mobil dan menghentikannya.

Setelah berhasil dihentikan, Sharma yang tertangkap basah oleh polisi langsung diringkus dan dibawa ke kantor polisi. Sementara mobil Tesla Model 3 yang dikendarainya langsung diderek sebagai hasil barang bukti.

Mobil listrik Tesla Model 3 di China kalah laris dari Hong Guang MiniIlustrasi mobil listrik Tesla Model 3 di China kalah laris dari Hong Guang Mini Foto: BBC Magazine

Ternyata aksi Sharma ini bukan yang pertama kali dilakukan, sebelumnya pada Selasa (27/04), dirinya juga kedapatan berkendara dengan mengaktifkan fitur autopilot dan duduk di kursi belakang. Sejumlah masyarakat yang kebetulan melintas di sekitar berhasil mengabadikan momen itu dan telah melaporkan ke pihak berwajib.

Atas aksi nekat dan ceroboh tersebut, Sharma kemudian didakwa dengan dua tuduhan yaitu mengendarai mobil kurang hati-hati dan melawan polisi yang melakukan interogasi. Dirinya pun saat ini sudah ditahan di balik jeruji besi hingga pihak kepolisian selesai menyelidiki kasus ini.



Simak Video "Mantap! Beli Mobil Tesla Bisa Pakai Bitcoin"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)