Spesifikasi Mobil Listrik Mungil Citroen Resmi Diumumkan

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 10 Mei 2021 20:53 WIB
Mobil listrik Citroen Ami
Foto: Response. Mobil listrik Citroen Ami.
Jakarta -

Pabrikan otomotif asal Perancis, Citroen, resmi mengumumkan spesifikasi mobil listrik mungil mereka, Citroen Ami. Mobil listrik kargo mungil berkapasitas satu penumpang ini disebut bisa dikemudikan oleh pengendara berusia 14 tahun dan bisa menempuh jarak maksimum 75 km saat baterai penuh.

Citroen Ami Cargo merupakan mobil listrik mungil yang bisa difungsikan sebagai kendaraan angkut. Seperti dikutip dari laman Response, mobil listrik itu bisa memuat kapasitas penyimpanan hingga 400 liter, yang lokasinya terletak di sebelah kanan pengemudi dengan kompartemen terpisah.

Ami Cargo memiliki panjang sekitar 2.410 mm, lebar 1.390 mm, dan tinggi 1.520 mm. Radius putar minimum mobil ini adalah 3,6m, yang membuatnya sangat gampang untuk bermanuver di kemacetan jalanan perkotaan.

Mobil listrik Citroen AmiMobil listrik Citroen Ami Foto: Response

Mobil listrik ini klaimnya bisa digunakan oleh pengemudi usia 14 tahun di Perancis. Selain itu, juga bisa dikoneksikan ke smartphone pengendara agar bisa mengetahui info seperti jelajah tempuh, status baterai, sisa waktu pengisian, dan penjadwalan perawatan, dari ponsel cerdas mereka.

Di Perancis, mobil mikro seperti Ami Cargo dapat dikendarai oleh siapa saja yang lahir sebelum 31 Desember 1987, tanpa SIM. Orang yang lahir pada atau setelah tanggal 1 Januari 1988 dapat mengemudi tanpa SIM jika telah lulus uji keselamatan lalu lintas dan memiliki sertifikat keselamatan lalu lintas (lisensi AM). Selain itu, di Prancis, lisensi AM dapat diperoleh mulai usia 14 tahun, sehingga izin untuk mengendarai microcar seperti Ami mulai usia 14 tahun.

Jarak jelajah maksimum mobil ini mencapai 75 km saat baterai penuh. Selain untuk dibeli sebagai mobil baru, mobil ini dapat digunakan, dengan skema sewa jangka panjang satu tahun atau sewa jangka pendek satu bulan.

Mobil listrik Citroen AmiMobil listrik Citroen Ami Foto: Response

Mobil listrik ini memiliki output maksimum 8,2 dk, kecepatan maksimum 45 km/jam. Baterainya menggunakan daya 5,5 kWh yang diletakkan di bawah lantai. Jarak jelajah maksimum dengan sekali pengisian daya adalah 75 km. Menurut pihak Citroen, jarak 75 km sangat ideal untuk bepergian di daerah perkotaan. Pengisian baterai membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan soket 220V.

Mobil listrik Citroen AmiMobil listrik Citroen Ami Foto: Response


Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)