Belum Ikuti Jejak BMW, Mercedes-Benz Tak Mau Coba-Coba Jual Mobil Listrik di RI

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 05 Mei 2021 07:13 WIB
Mercedes-Benz EQS
Mercedes-Benz EQS Foto: carbuzz
Jakarta -

Dua brand premium Eropa di Tanah Air, Mercedes-Benz dan BMW bersaing memasarkan model mobil internal combustion engine dari sedan hingga sport utility vehicles. Tapi baru BMW saja yang berani menjual mobil listrik murni (Battery Electric Vehicles) di Indonesia, bagaimana denganmu Mercedes-Benz?

Deputy Director Sales Operation and Porduct Management Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Karyanto Hardjosoemarto menjawab pihaknya masih mempersiapkan infrastruktur hingga sumber daya di Indonesia.

"Kendaraan listrik ini adalah tren masa depan, kami tak ingin ketinggalan, kami pun akan ikut meramaikan atau mensukseskan pasar kendaraan listrik di Indonesia, tapi kalau ditanya kapan, kami masih mempersiapkan keseluruhannya," ujar Karyanto disela-sela peluncuran New S Class di Jakarta Pusat, Selasa (4/5/2021).

Pun dengan Mercedes-Benz EQS yang debut global pada April 2021 lalu. Sebuah sedan listrik yang menggunakan platform khusus Electric Vehicle Architecture (EVA), mencerminkan sedan S-Class yang premium.

"Kalau ditanya apakah tahun ini? Kami jawab belum karena memang saat ini EQS baru kemarin world premiernya nanti akan bertahap di Eropa, kemudian Asia, tentu kami akan berpatisipasi di situ."

"Kami akan mempersiapkan semua, karena sekali lagi, bahwa kami tidak ingin sekedar coba-coba untuk menjual kendaraan listrik di sini, misalnya tidak sukses kami berhentikan dan sebagainya, kami tidak ingin seperti itu, karena kami melihat ke depan potensi sangat bagus, oleh karena itu kami siapkan semua dari segi infrastruktur, man power, dan pada saat yang tepat kami tentu akan membawa kendaraan listrik tersebut ke Indonesia," tegas dia.

Beda dengan kompetitornya yang lebih agresif mendatangkan mobil listrik. BMW Indonesia merupakan salah satu agen pemegang merek mobil pertama yang memulai elektrifikasi di Indonesia. BMW i8 diperkenalkan pertama pada 2014 lewat importir umum dan tahun 2016 mulai dijual juga oleh BMW Group Indonesia.

Sejak saat itu hingga tahun 2019, BMW selalu mendatangkan setiap upgrade dari BMW i8. Tidak hanya itu BMW juga mendatangkan mobil full listrik, BMW i3 di akhir tahun 2019. Tahun depan ada tiga mobil yang bakal melipir ke Tanah Air, yakni i4, iX dan MINI Electric.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)