Toyota Raize Meluncur di Indonesia, Harga Mulai dari Rp 219,9 Juta

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 30 Apr 2021 15:58 WIB
Toyota Raize
Toyota Raize Foto: Toyota Astra Motor
Jakarta -

Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis Toyota Raize di Tanah Air secara virtual, Jumat (30/4/2021). Indonesia jadi negara pertama di luar Jepang yang memasarkan Raize.

"Kami persembahkan untuk Anda, SUV compact terbaru kami The All New Toyota Raize yang melengkapi lini SUV kami untuk setiap kebutuhan masyarakat di Indonesia," ujar President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, Jumat (30/4/2021).

Toyota Raize hadir dalam dua pilihan mesin yaitu 1.0 Turbo dan 1.2 L. Tersedia dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T.

Bagi pelanggan yang ingin tampilan SUV lebih sporty maka dapat memilih varian GR Sport yang terdapat di 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS (Toyota Safety Sense) dan 1.0 Turbo GR Sport CVT.

Toyota RaizeToyota Raize Foto: Toyota Astra Motor

Toyota Raize mempunyai dimensi kompak dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Meski begitu, Raize tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.

Kesan sebuah SUV yang gagah, sporty, dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED, dan velg besar 17 inch pada tipe 1.0T.

Sementara itu, interiornya lapang dan juga dilengkapi fitur dengan teknologi terdepan seperti terpasang MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Toyota Raize dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high-premium.

Toyota RaizeToyota Raize Foto: Toyota Astra Motor

Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi mengatakan Raize tipe 1.0 Turbo mulai tersedia dan dapat dipesan sejak 30 April 2021, sementara untuk tipe 1.2 akan hadir di semester ke dua tahun ini.

"Tapi untuk pengiriman atau produksinya sementara ini kita masih fokus di 1.0 liter dulu. Jadi 1.2 liternya nanti di semester kedua," kata Anton saat media briefing virtual, Jumat (30/4/2021).

Bicara harga Toyota Raize dibanderol saat ini mulai Rp 219,9 juta untuk varian 1.0 G (M/T) sampai Rp 263,7 juta untuk tipe tertingginya yakni 1.0 Turbo GR Sport TSS.

"Harganya mulai dari, kalau PPnBM normal starting price dari Rp 236,8 juta. Tapi karena bulan Apri dan Mei masih menikmati PPnBM 0 persen, starting price untuk G M/T Rp 219,9 juta," ucap Anton.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)