Periklindo di Mata Mitsubishi

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 29 Apr 2021 18:32 WIB
Moeldoko Jadi Ketua Persatuan Industri Kendaraan Listrik RI
Ilustrasi Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Semakin menarik saja pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, selain ada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) yang menjadi payung industri otomotif dan penghubung komunikasi dengan pemerintah. Kini industri otomotif Indonesia juga memiliki Periklindo (Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia yang coba menggabungkan industri kendaraan listrik dalam satu payung.

Mitsubishi Motors yang di bawah payung Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberi tanggapan akan lahirnya Periklindo di Indonesia.

"Kami belum mengetahui secara detail mengenai Periklindo, namun bila lebih banyak pihak yang berfokus pada kendaraan listrik, maka transisi menuju era elektrifikasi akan lebih cepat tercapai dan tentu saja banyak pihak yang dapat mengawal dan memonitor hal tersebut," jawab President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura kepada detikOto.

Lalu Mitsubishi setuju tidak dengan penyataan Periklindo akan ikut menghidupkan industri kendaraan listrik di Indonesia?

"Kami belum mengetahui secara detail mengenai Periklindo, terutama terkait rencana dan langkah lebih lanjut," Naoya menambahkan.

Mitsubishi berpartisipasi dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021.  Mereka memperkenalkan kembali beragam keunggulan produk dan layanan.Mitsubishi berpartisipasi dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Mereka memperkenalkan kembali beragam keunggulan produk dan layanan. Foto: Grandyos Zafna

Nakamura memastikan, hingga saat ini belum pernah ada komunikasi yang dibangun anatar Mitsubishi dan Periklindo atau sebaliknya. "Hingga saat ini belum ada komunikasi antara Mitsubishi dan Periklindo," tutur Naoya.

Sebagai catatan, Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia atau Periklindo resmi didirikan di Jakarta, Minggu (25/4/2021). Dikatakan Asosiasi yang diketuai oleh Moeldoko ini dibentuk sebagai wadah yang menampung kepentingan para pelaku industri kendaraan listrik di Indonesia.

"Kita semua sekarang bersatu padu mendirikan sebuah persatuan yang namanya adalah Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia atau Periklindo. Atas dukungan dan kerja sama semuanya mari bersama-sama kita membangun mobil listrik di Indonesia," kata Moeldoko, di booth Wuling IIMS 2021, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (25/4/2021).

Meski didirikan oleh produsen mobil listrik seperti MAB, Wuling Motor, dan DFSK, Moeldoko menjelaskan Periklindo tidak eksklusif hanya untuk merek mobil listrik saja. Melainkan juga mengakomodasi seluruh produsen kendaraan listrik di Indonesia.



Simak Video "Alasan Gaikindo Minta Diskon PPnBM ke Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)