Alhamdulillah! Bisa Servis Mobil Gratis di Bengkel Ini...Kalau Bisa Ngaji

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 29 Apr 2021 03:30 WIB
Gratis jasa servis motuba
Gratis jasa servis tune up motuba Foto: Ridwan Arifin
Depok -

Di bulan Ramadhan, ada sebuah bengkel memberikan program tune up gratis khusus bagi motuba --julukan untuk mobil yang sudah berumur. Syaratnya cukup menyetorkan hafalan satu surat pendek Al-Quran.

Bengkel itu bernama Car Automodified X KMS yang terletak di Hankam, Jl. Dahlia, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Saat disambangi detikOto, Rabu (28/4/2021) beberapa deretan mobil tua terparkir di bengkel milik Fajar Gumbira (35) dan Sriyono (55).

Bengkel tersebut menyediakan servis ringan, turun mesin, ac, modifikasi body kit, swap engine, dan servis power steering. Salah satunya bahkan sedang restorasi Suzuki Katana, hingga modifikasi Honda Accord 1984.

Gratis jasa servis motubaSriyono (55) dan Fajar Gumbira pemilik Car Automodified X KMS Motor Foto: Ridwan Arifin

Fajar mengatakan promo ini baru berlangsung selama Ramadhan tahun ini. Selain syarat berupa setoran surat pendek, mobil yang diservis pun harus berumur di atas 10 tahun.

"Memang saat ini baru di bulan Ramadhan saja ya, kita bikin konsep free tune up untuk mobil-mobil di bawah 10 tahun, jadi kayak 2010 ke bawah," ungkap Fajar saat ditemui detikcom, Rabu (28/4/2021).

Gratis jasa servis motubaGratis jasa servis motuba Foto: Ridwan Arifin

Untuk idenya, Fajar ingin mengungkapkan mobil tua pun masih layak beredar di jalan raya jika perawatannya bagus dan maksimal. Beda dengan armada angkutan umum lebih mudah menerapkan kebijakan itu lantaran memiliki durasi penggunaan lebih intensif dan kerja lebih berat ketimbang kendaraan pribadi.

"Saya pun paling pakai cuma panasin aja di waktu senggang, kalau dilarang beroperasi full terus terang pasti banyak yang tidak setuju," kata Fajar.

Kebetulan Fajar sendiri merupakan penggemar motuba, ada beberapa mobil yang berjejer di bengkelnya mulai dari Honda Civic Wonder, Honda Accord, dan Suzuki Forza.

Gratis jasa servis motubaGratis jasa servis motuba Foto: Ridwan Arifin

Dia mengatakan, selain menambah amalan di bulan Ramadhan, ia berharap bisa memotivasi masyarakat untuk merawat kendaraan meski sudah umur mobilnya tak lagi muda.

"Sebenarnya salah satunya berbagi di bulan Ramadhan. Kebetulan saya juga koleksi mobil tua juga, biar orang tidak malas merawat mobilnya yasudah saya free tune up-nya, pas bulan ramadhan juga," kata Fajar.

Sriyono menambahkan tidak ada model mobil yang dibatasi. Jasa free tune up diberikan bagi mobil dengan model di atas 10 tahun. Sementara itu untuk penggantian spare-part ditanggung pemilik mobil.

"Pengerjaan tune up itu di antaranya pembersihan busi, filter-filter udara, kalau mobil karburator nanti kita setelin karburatornya, jika masih pakai platina kita setel platinanya," kata Sriyono.

Gratis jasa servis motubaGratis jasa servis motuba Foto: Ridwan Arifin

Di sisi lain Sri mengungkapkan efek pelarangan mudik juga berpengaruh terhadap pemasukan bengkelnya yang harus menghidupi 13 orang karyawan.

"Karena kondisi kayak gini, orang banyak juga yang tidak mudik. Kondisinya terus terang belum ada (mengikuti promo free tune up motuba)," ungkap Sriyono.

"Mungkin yang tahu pun karena tidak keluar kota, nanti saja (memanfaatkan free tune up motuba)," timpal Fajar.



Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)