Mudik Dilarang, Rental Mobil di Solo Kelabakan

Ari Purnomo - detikOto
Senin, 12 Apr 2021 12:21 WIB
Sejumlah mobil rental milik Ajibon Trans. (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Foto: Sejumlah mobil rental milik Ajibon Trans. (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Adanya larangan mudik Lebaran tahun ini tidak hanya berimbas pada pengusaha transportasi reguler seperti bus, tetapi juga dirasakan para pengusaha sewa mobil dan travel.

Pemilik rental mobil di Solo Ajibon Trans, Adjie Atmodiwiryo mengatakan, adanya larangan mudik menjadi pukulan bagi pengusaha rental mobil, tour dan juga pariwisata.

"Sedih sekali, kemarin kami kira mudik Lebaran sudah diperbolehkan, tetapi ternyata aturan direvisi dan mudik dilarang," katanya kepada detikcom, Senin (12/4/2021).

Padahal, Adjie menambahkan, sudah banyak pelanggannya yang memesan mobil untuk keperluan saat Lebaran nanti. Dan dengan adanya larangan tersebut, maka pemesan pun membatalkan pesanannya.

"Saya sudah menerima beberapa order mobil untuk Lebaran dari tamu luar kota, tapi ini sudah di-cancel karena kebijakan itu," tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pemilik Goedang Transport, Oky Orlando. Oky menambahkan, bagi pemilik jasa sewa mobil momen Lebaran menjadi saat yang paling ditunggu. Pada momen itu, kebutuhan mobil untuk digunakan para pemudik cukup banyak.

"Lebaran itu momen yang kami tunggu, dan tahun ini mudik kembali dilarang. Dan ini sangat berpengaruh, padahal saat Lebaran sewa mobil bisa sampai 50 unit," katanya.

Dengan adanya larangan mudik ini, Oky mengatakan, sampai saat ini belum ada satu pun pemesanan mobil untuk Lebaran.

"Kalau sebelum ada larangan mudik biasanya sebulan sebelum Lebaran pemesanan sudah banyak. Ini tidak ada sama sekali," ucapnya.

Oky pun mengaku mengalami kerugian yang cukup besar dengan adanya larangan mudik dan selama operasional di masa pandemi Covid-19.

"Kerugiannya ya diperkirakan bisa sampai Rp 1 miliar, terhitung sejak pandemi pertama 2019 sampai sekarang ini, karena banyak pelanggan dari luar negeri tidak lagi ada perjalanan di sini," ujarnya.



Simak Video "Menhub Setop Penerbangan Charter Selama Pelarangan Mudik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)