Mobil Miliaran Outlander PHEV Terjual 27 Unit di RI, Minat Impor dari Thailand?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 08 Apr 2021 07:17 WIB
Mitsubishi Outlander PHEV
Mitsubishi Outlander PHEV Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Outlander Plug In Hybrid Electric Vehicles (PHEV) saat ini jadi mobil termahal yang dijual Mitsubishi. Kendati demikian, mobil yang harganya tembus Rp 1 miliar ini, sudah mendiami puluhan unit garasi masyarakat Indonesia.

Mitsubishi Outlander PHEV, yang meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show pada 2019 lalu, saat ini dijual di angka Rp 1.311.700.000 (on the road Jakarta). Meski harganya terbilang tinggi, antusiasme orang Indonesia terhadap kendaraan ramah lingkungan itu cukup positif.

"Hingga saat ini kami telah menjual 27 unit kepada konsumen setia Mitsubishi," ungkap Director Sales & Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro saat media gathering virtual, Selasa (6/4/2021).

Mitsubishi Outlander PHEV mengusung mesin bensin 2.4 liter. Mesin itu dikombinasi dengan motor listrik yang punya tenaga 60 kW di roda depan dan 70 kW pada roda belakang. Soal tenaga, mesin konvensional bisa memuntahkan tenaga maksimal 132,8 dk dengan torsi 211 Nm.

Outlander PHEV dikatakan menjadi salah satu mobil plug-in hybrid yang unik, sebab memiliki tiga mode berkendara, yakni mode EV, mode HEV, dan juga mode Parallel Hybrid.

Sedikit info soal mode berkendara Outlander PHEV, pada mode EV mobil akan bergerak dari tenaga baterai yang dikirimkan ke motor listrik yang terdapat pada roda depan dan belakang.

Selanjutnya pada mode HEV (Hybrid Electric Vehicle), saat baterai berkurang, maka mesin akan membantu baterai agar memiliki kapasitas baterai yang stabil. Sehingga baterai akan tetap menyuplai tenaga ke motor listrik yang terdapat pada roda depan dan belakang. Artinya, mesin konvensional akan berperan mirip generator.

Well, Mitsubishi Outlander PHEV seperti dilihat dari dari Gaikindo diimpor utuh (completely built-up) dari Jepang. Di sisi lain, Mitsubishi Outlander PHEV mulai diproduksi di pabrik Laem Chabang, Thailand pada 21 Desember lalu.

Thailand sebagai basis produksi luar Jepang pertama untuk Outlander PHEV. Di kawasan ASEAN, saat ini, Outlander PHEV dijual di Indonesia, Filipina, dan Thailand.

Apakah Indonesia juga bakal mengimpor dari Thailand, guna menekan harga?

"Kami terus mengeksplor dan mempelajari cara yang paling baik untuk menghadirkan produk yan terbaik dan tentunya dengan harga yang kompetitif di pasar Indonesia. Kami juga sangat terbuka dengan kemungkinan yang ada, salah satunya mempelajari cara terbaik menghadirkan kendaraan ramah lingkuagn di mitsubishi motor dengan cara termudah dan tereifisien. Sehingga harganya lebih kompetitif," ungkap Irwan.



Simak Video "Diskon PPnBM Turun Jadi 25%, Segini Harga Mitsubishi Xpander"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)