Fiat 500 Kini Terkoneksi Google, Jadi Pintar dan Bisa Diajak Ngobrol

Doni Wahyudi - detikOto
Selasa, 06 Apr 2021 09:53 WIB
Fiat 500 Hey Google
Fiat 500 dengan Google Assistant tersemat di dalamnya (Fiat.com)
Jakarta -

Fiat melakukan terobosan dalam pengembangan mobil terbarunya. Pabrikan asal Italia itu berkolabroasi bukan dengan perusahaan otomotif lain, tapi dengan raksasa teknologi dan pemilik mesin pencarian terbesar di dunia, Google.

Dikutip dari CNet, Fiat baru-baru ini meluncurkan edisi Fiat 500 Hey Google. Bisa dibilang ini menjadi merek Google pertama yang tertanam di sebuah brand otomotif.

Kerjasama dua perusahaan ini jadi sangat menarik mempertimbangkan perkembangan teknologi otomotif yang semakin pesat. Dalam beberapa tahun terakhir dunia otomotif makin terkait erat dengan teknologi informasi.

Lalu apa yang ditawarkan Fiat dan Google dalam produknya ini?

Fiat 500 Hey GoogleFiat 500 Hey Google Foto: Fiat.com

Dalam pernyataan resminya, Fiat menyebut penanaman Google pada beberapa varian kendaraannya membuat si pemilik bisa 'berbicara dengan mobil secara lebih natural'. Seperti diketahui banyak mobil kini bisa menerima perintah suara, sementara Fiat 500 edisi Hey Google ini diklaim mampu melakukan lebih jauh lagi.

"Keluarga Fiat 500 edisi Hey Google memungkinkan kita berinteraksi jarak jauh dengan mobil lewat cara paling intuitif yang pernah dilakukan, hanya dengan menggunakan perintah suara. Ini berkat integrasi layanan Mopar dengan Google Assistant," demikian pernyataan resmi Fiat.

Fiat 500 Hey GoogleFiat 500 Hey Google Foto: Fiat.com

Dengan fitur Google ini, si pemilik bisa berbicara dengan mobilnya meski sedang menonton tv di rumah atau sedang rebahan di kamar tidur. Itu memungkinkan terjadi karena setiap seri mobil Fiat 500 edisi Hey Google akan sekaligus mendapat Google Nest.

"Apakah Anda berada di rumah, atau sedang duduk di sofa, cukup bilang: 'Hey Google, ask my Fiat...' (Hey Google, tanyakan ke Fiat saya) untuk mencari tahu sesuatu."

Fiat 500 Hey GoogleFiat 500 Hey Google Foto: Fiat.com

"Misalnya, di mana lokasi parkir mobil, berapa banyak bensin tersisa, menanyakan di mana bengkel resmi terdekat, berapa kilometer jarak yang sudah ditempuh hari ini. Anda juga bisa menanyakan apakah Anda lupa mengunci pintu mobil atau mengecek apakah bagasi mobilnya terbuka," lanjut pernyataan tersebut,

Sejauh ini ada tiga seri Fiat 500 yang ditanamkan Google di dalamnya. Mereka adalah Fiat 500, Fiat 500X, dan Fiat 500L.

Dari sisi tampilan, Fiat edisi Hey Google ini juga punya beberapa keistimewaan. Di antaranya corak warna-warni identitas Google yang bisa ditemukan pada pilar B, juga pada sandaran jok mobil. Selain itu aja juga logo Hey Google.

Fiat mengatakan, Fiat 500 Hey Google akan dipasarkan di 10 negara Eropa, termasuk Inggris Raya, Prancis, Spanyol, Jerman, Italia, Austria, Swiss, Belgia, Belanda, dan Polandia.

Soal harga, Fiat hingga kini belum mengumumkannya. Termasuk apakah mobil ini akan dibawa ke pasar Amerika Serikat.



Simak Video "Bantah Layanannya Down, Begini Penjelasan Google Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)