Finalis Mobil Terbaik di Eropa 2021, Satu Merek Jepang Masuk

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 09 Jan 2021 17:38 WIB
Land Rover dibekali penggerak listrik.
Ilustrasi Foto: Jaguar Land Rover
Jakarta -

Nama finalis European Car of The Year 2021 sudah dirilis. Terdapat tujuh pabrikan berbeda sebagai kandidat mobil terbaik yang dipasarkan di Eropa.

Dari ketujuh mobil itu nantinya akan dipilih satu sebagai mobil terbaik. Hasil itu berdasarkan seleksi juri yang terdiri dari 60 anggota yang mewakili 23 negara di Eropa. Prancis, Jerman, Inggris Raya, Italia, dan Spanyol masing-masing memiliki enam anggota; negara lain, secara proporsional jumlahnya lebih sedikit.

Ke-60 anggota Juri Car of the Year semuanya menguji mobil sebagai bagian dari pekerjaan jurnalistiknya. Dalam memilih mobil terbaik tahun ini, mereka menggunakan kriteria berikut: desain, kenyamanan, keselamatan, ekonomi, handling, performa, fungsionalitas, persyaratan lingkungan, kepuasan pengemudi, dan harga.

Penjurian dinilai harus model baru, tidak hanya diubah secara kosmetik atau dengan pemasangan mesin baru atau transmisi. Kemudian merupakan mobil dijual di setidaknya lima negara Eropa.



Setelah melakukan sistem pemungutan suara, para juri telah mengerucutkan 29 mobil kandidat menjadi 7 mobil finalis. Merek-merek tersebut di antaranya; Citroën C4, Cupra Formentor, Fiat New 500, Land Rover Defender, Škoda Octavia, Toyota Yaris, dan Volkswagen ID.3.

Pemungutan suara final akan dilakukan pada akhir Februari 2021. Sementara pemenang biasanya diumumkan pada malam Geneva Motor Show, European Car of the Year 2021 yang dilaksanakan secara virtual online pada 1 Maret 2020.

European Car of the Year didirikan pada tahun 1964, dan pemenang pertamanya adalah Rover 2000. Austin 1800 dan Renault 16 menyusul pada tahun 1965 dan 1966, sedangkan tahun 2020, medali emas jatuh ke tangan Peugeot 208.

Kira-kira siapa pemenang tahun 2021?



Simak Video "Warga London Berkumpul, Menanti Keluarnya Inggris dari Uni Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)