Lepas dari Garansindo, Volvo Bakal Kembali ke Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 09 Mar 2021 16:59 WIB
4 Mobil Volvo di GIIAS 2017
Volvo akan kembali meramaikan pasar otomotif Indonesia dengan APM baru setelah dilepas Garansindo. Foto: Dina Rayanti
Jakarta -

Merek mobil Volvo dikabarkan bakal berganti agen pemegang merek (APM). Sebelumnya, merek Volvo ditangani oleh Garansindo. Tapi, sudah lumayan lama Volvo di tangan Garansindo tidak ada kabarnya.

Gransindo mulai menangani merek Volvo sejak 2017. Garansindo sebelumnya dikenal sebagai distributor merek mobil-motor Eropa dan Amerika seperti Jeep, Chrysler, Dodge, Fiat, Alfa Romeo, Volvo, Ducati, dan Peugeot Motorcycles. Tapi, satu per satu merek tersebut dilepas Garansindo. Jeep kini dipegang oleh PT DAS Indonesia Motor, kemudian Ducati ditangani PT Cakra Motor Sports, dan Peugeot Motorcycles oleh perusahaan di bawah naungan Stokeswood Group. Tinggal Volvo yang belum jelas kepastian kabarnya.

Namun, detikcom mendapat kabar bahwa mobil merek Volvo akan dinaungi agen pemegang merek (APM) baru pengganti Garansindo. Kini, APM mobil merek Volvo sedang dalam masa peralihan dari Garansindo ke distributor baru tersebut.

Menurut informasi yang diterima detikcom dari salah satu sumber anonim, calon agen pemegang merek (APM) ini bukanlah pemain baru. Kabarnya, bakal APM Volvo pengganti Garansindo ini sudah berpengalaman di bisnis otomotif sebelumnya.

Berdasarkan informasi tersebut, detikcom kemudian membuka website www.volvocars.com/id. Di laman itu tercantum informasi dan kontak representatif Volvo di Indonesia. Di sana tertulis nama dan kontak PT Sinar Terang Mobilindo sebagai representatif Volvo di Indonesia.

Volvo kembali memboyong mobilnya mengaspal di Indonesia. 4 Mobil mewah langsung diterjunkan untuk menggoda warga Jakarta di GIIAS 2017.Mobil Volvo di GIIAS 2017. Foto: Ari Saputra

Monic selaku Branch Manager dari PT Sinar Terang Mobilindo membenarkan bahwa Volvo akan kembali ke Indonesia. Namun, dia belum bisa memastikan identitas perusahaan yang akan menangani merek Volvo nanti. Soalnya, belum tentu nama PT Sinar Terang Mobilindo (seperti tertera dalam website Volvo Indonesia) yang akan menjadi APM baru Volvo nantinya.

"Betul (Volvo) akan comeback lagi. Tapi untuk nama PT-nya, untuk segala macamnya saya belum bisa infokan, karena belum pasti," kata Monic saat dihubungi detikcom, Selasa (9/3/2021).

Menurut Monic, untuk saat ini merek Volvo masih dalam masa peralihan dari APM sebelumnya, Garansindo, ke APM baru yang belum dipastikan nama perusahaannya tersebut. Dia menegaskan, sampai saat ini pun belum ada penjualan mobil baru Volvo. Kemungkinan akhir tahun ini Volvo jualan mobil lagi di Indonesia dengan bendera baru.

4 Mobil Volvo di GIIAS 2017Mobil Volvo di GIIAS 2017 Foto: Dina Rayanti

"Untuk saat ini sih kita masih masa peralihan. Untuk PT-nya kita belum bisa sebut, karena kita masih peralihan. Dan saat ini pun belum ada penjualan mobil baru sih. Kemungkinan estimasinya akhir tahun. (Menangani) penjualan dan aftersales," ucapnya.

"Untuk showroom-nya mungkin di daerah Jakarta Pusat," sambungnya.

Monic mengatakan, PT Sinar Terang Mobilindo memang saat ini melayani purnajual merek Volvo. Tapi, itu hanya untuk sementara. "Ke depannya untuk PT-nya (yang akan menangani merek Volvo) nanti akan dikasih tahu saat di akhir tahun itu (ketika peluncuran APM baru Volvo)," ujar Monic.



Simak Video "Bukan Volvo B11R, Ini Bus dengan Tenaga Terbesar di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)